Bolehkah Minum Paracetamol Setelah Vaksin? Ini Kata Pakar

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 September 2021 15:27
Ilustrasi Paracetamol

Jakarta, CNBC Indonesia - Paracetamol kerap menjadi pilihan ketika muncul keluhan-keluhan seperti nyeri dan demam. Paracetamol juga sering dikonsumsi pada mereka setelah vaksin sebagai pereda nyeri.

Lantas apakah hal ini benar dilakukan?


Mengutip Healthline, Dr David J Cennimo, pakar infeksi dari Rutgers New Jersey Medical School, mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada larangan untuk minum parasetamol. Apalagi jika seseorang mengalami demam ataupun nyeri setelah vaksin Covid-19 jika memang dibutuhkan.

"Meski demikian, umumnya keluhan nyeri dan demam yang muncul setelah vaksin akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati," katanya dikutip Kamis (9/9/2021).

Namun, penting untuk diingat, minum parasetamol sebelum vaksin untuk mencegah munculnya efek samping tidak dianjurkan. Salah satu kekhawatiran terkait parasetamol dan obat-obat pereda nyeri adalah kemungkinan pengaruh pada efek vaksin terhadap sistem imun.

Dalam beberapa riset, obat tertentu bisa menghambat produksi antibodi penangkal infeksi. Kendati demikian, masih sangat sedikit data terkait hal ini.

"Kecuali ada kontraindikasi, tidak ada larangan minum paracetamol setelah vaksin Covid-19 untuk saat ini," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading