Heboh Azan Lagu Pembuka Program TV Korea, Mnet Minta Maaf

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 September 2021 11:42
Acara Street Woman Fighter di Mnet dituding telah menggunakan suara azan yang diremix dan jadi musik pembuka episode 3. (Dok. Mnet TV via YouTube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Televisi Korea Selatan (Korsel), Mnet, akhirnya mengeluarkan permintaan maaf secara resmi. Ini terjadi karena penggunaan suara azan dalam salah satu programnya "Street Woman Fighter".

Hal ini sebelumnya menimbulkan ketidaknyamanan bagi sejumlah penggemar internasional. Dalam pembukaan episode perdana kompetisi tari wanita itu, muncul backsound lagu yang menggabungkan panggilan salat umat Muslim tersebut.


"Atas nama tim produksi Mnet Street Woman Fighter kami meminta maaf terkait soundtrack yang digunakan di pembukaan episode pertama "Street Woman Fighter"," tulis media tersebut dikutip Allkpop, Kamis (9/9/2021).

"Lagu tersebut adalah soundtrack elektronik yang telah terdaftar secara resmi di situs streaming official ... Kami meminta maaf menyebabkan ketidaknyamanan."

Sebelumnya sejumlah netizen mengekspreksikan rasa kecewa dan amarah karena menganggap azan digunakan untuk tujuan estetik acara. Mereka juga mengecam Mnet dan meminta lagu pembuka itu diganti sekaligus meminta maaf.

"Tolong hargai kami umat Muslim. MINTA MAAF," kata akun @txminkyou dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan dikutip dari kbzoom.com, Rabu (8/9/2021).

"Agamaku harus didahulukan. Mnet tidak seharusnya menggabungkan hiburan dengan agama," ujar @liraluvmagic, di laman yang sama.

Azan merupakan panggilan ibadah untuk umat Islam pada waktu-waktu tertentu sepanjang hari. Tak hanya penonton Muslim, mereka yang non-Muslim pun turut menyayangkan kejadian ini.

Sebenarnya lagu tersebut bukanlah buatan Mnet. Ini merupakan lagu sebuah band Inggris bernama Losers.

Lagu itu diketahui berjudul Azan. Kini, video dari lagu Azan di YouTube pun dibanjiri komentar warganet yang protes dan mengecam lagu tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading