Heboh Rontgen Paru-paru Pasien Covid yang Vaksin & Tidak

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 July 2021 15:34
Paru-paru covid-19. (Dok: Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang dokter bernama Anne Gabriel-Chan, belum lama ini telah mengunggah potret perbandingan antara paru-paru milik pasien Covid-19 yang sudah divaksin dengan yang belum divaksin.

Dalam unggahan di Facebook-nya, terlihat bahwa paru-paru pasien Covid-19 yang telah divaksin hanya mengalami gejala ringan. Sedangkan salah satu pasien yang tidak divaksin mengalami gejala berupa sesak napas.


"Ketika kita mulai melihat peningkatan kasus Covid-19 lagi, saya ingin membagikan beberapa pasien kami yang baru saja dirawat hari ini," katanya dalam akun medsosnya yang dibagikan 22 Juli lalu, dikutip Rabu (28/7/2021).

"Ini adalah pasien nyata dan saya berbicara dari pengalaman klinis. Empat pasien dirawat karena Covid-19. Tiga pasien ringan hingga hampir tanpa gejala dan satu pasien terengah-engah dan langsung dirawat di ICU."

Setidaknya, ada empat foto yang ia bagikan. Tiga dari foto tersebut adalah milik orang yang telah melakukan vaksinasi dengan jenis vaksin yang berbeda-beda, mulai dari Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer.

Ilustrasi paru-paru covid (Dok: Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan)Foto: Ilustrasi paru-paru covid (Dok: Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan)
Ilustrasi paru-paru covid (Dok: Facebook Dr. Anne Gabriel-Chan)

Ketiga pasien yang sudah divaksin kondisi paru-parunya bersih dari bercak bahkan ada yang kondisinya seperti paru-paru sehat. Sedangkan pasien yang belum divaksin, foto rontgen paru-parunya terlihat keruh dengan bercak yang hampir menutupi seluruh paru-parunya.

"Mengingatkan semua orang bahwa tiga pasien mengalami gejala ringan hingga hampir tanpa gejala. Mereka telah di vaksin penuh (menyelesaikan dua dosis dan minimal dua minggu dari dosis kedua)," ungkap ia.

Dalam keterangan Facebook, Anne Gabriel-Chan ditulis sebagai ahli penyakit menular dan pengobatan tropis HIV dan infeksi menular seksual lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading