Eko Yuli Jadi Orang Pertama RI yang Raih 4 Medali Olimpiade!

Lifestyle - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
25 July 2021 17:50
Eco Yuli Irawan of Indonesia competes in the men's 61kg weightlifting event, at the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Luca Bruno)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah sejarah dibukukan lifter putera Indonesia Eko Yuli Irawan. Hari ini, Eko sukses mempersembahkan medali perak untuk kontingen Indonesia dalam Olimpiade 2020 Tokyo. Dalam partai final kelas 61 kg, Eko Yuli mencatatkan total angkatan 302 kg.

Eko Yuli takluk asal rivalnya asal China Li Fabin yang membukukan total angkatan 313 kg. Ini merupakan rekor baru olimpiade. Sementara medali perunggu diraih wakil Kazakshtan Igor Son.

Berdasarkan data yang dihimpun, Eko Yuli telah meraih empat medali sepanjang keikutsertaannya pada olimpiade. Berikut prestasi Eko Yuli:

Beijing 2008: perunggu kelas 56 kg
London 2012: perunggu kelas 62 kg
Rio de Janeiro 2016: perak kelas 62 kg
Tokyo 2020: perak kelas 61 kg




Setelah laga, Eko Yuli melakukan sesi wawancara dengan Erick Thohir selaku Anggota International Olympic Committee (IOC). Dari siaran langsung oleh salah satu stasiun TV swasta, Eko Yuli membuka percakapannya dengan kata 'maaf' lantaran belum berhasi mempersembahkan medali emas.

"Saya mohon maaf pak, masih ini," katanya.

Erick langsung memotong perkataan Eko Yuli.

"Nggak (jangan minta maaf-red), yang penting kamu konsisten dan men-challenge diri kamu. Saya apresiasi dan salut sama kamu, kamu oke dari di London dulu terus Asian Games dan sekarang," kata Erick. "Tahun depan masih ada Asian Games, tetap semangat ya," tambahnya.

Menurut dia, Eko Yuli layak disebut legenda. Sebab, lifter senior itu berhasil meraih empat medali dari empat kali keikutsertaan dalam olimpiade.

"Eko ini legenda, dia hebat, dia meraih empat medali di seluruh olimpiade-nya," puji Erick.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hampir Seluruh Warga Jepang Minta Olimpiade Tokyo 2021 Batal


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading