Hobi Naik Gunung? Ini 10 Gunung Termahal Didaki

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 July 2021 10:45
Gunung Merapi (29/3) (dok. BPPTKG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mendaki gunung merupakan sebuah hobi yang cukup menantang. Meski begitu, penting untuk diketahui bahwa kebutuhan untuk mendaki gunung tidaklah sederhana.

Persiapannya meliputi banyak hal, baik itu kesehatan fisik, mental, juga finansial. Menurut penelitian baru oleh Outforia, tantangan fisik bukan satu-satu halangan seseorang tidak jadi menggapai mimpinya untuk sampai di puncak gunung-gunung raksasa.


Penelitian itu menyebutkan mendaki beberapa puncak paling aspiratif di dunia memerlukan biaya hingga 70.921 euro atau sekira Rp1,2 miliar untuk satu perjalanan. Biaya itutermasuk untuk keperluan bergabung dengan grup pendakian berpemandu, serta berapa banyak peralatan yang diperlukan untuk dibeli atau disewa.

Berikut adalah daftar biaya naik gunung termahal dunia mengutip Euro News.

10. Matterhorn, Swiss

Berdiri pada ketinggian 4.478 m, Matterhorn Swiss adalah salah satu puncak paling terkenal di Pegunungan Alpen dan dikenal dengan bentuk segitiganya yang hampir sempurna.Namun, dengan ketenaran yang datang label harga pun melambung yakni € 6.924 (Rp 119 juta) per pendakian.

9. Aconcagua, Argentina

Diyakini sebagai salah satu puncak gunung paling mematikan di Amerika Selatan, Aconcagua banyak dipilih pendaki bernyali besar.

Dengan ketinggian hampir 7.000 meter dan biaya €7.078 (Rp121,8 juta), para pendaki membutuhkan keberanian dan kocek yang besar untuk mencapai puncak puncak ini.

8. Eiger, Swiss

Meski kurang dikenal, Eiger yang merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Bernese Swiss menjadi pilihan pendaki dengan ketinggian 3.967 meter di atas permukaan laut.

Terlepas dari statusnya yang lebih rendah, mendaki Eiger memerlukan biaya yang besar dan stamina kuat. Pendaki diperkirakan membayar total €7.135 (Rp122,8 juta).

7. Puncak Mera, Nepal

Sebuah negara yang terkenal dengan pemandangannya yang mengesankan dan cuaca ekstrim, Puncak Mera di Nepal berdiri di 6.476 meter di atas permukaan laut. Para pendaki dapat melihat lima gunung tertinggi ketika berdiri di puncak.

Namun, untuk pemandangan yang luar biasa, pendaki perlu merogoh kocek sekitar €7.587 (Rp 130 juta) untuk mendapatkan pemandangan istimewa tersebut.

Halaman 2>>

Dari Gunung AS hingga Gunung RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading