Gila! Lahan Parkir 1 Mobil di Hong Kong Harganya Rp 18 Miliar

Lifestyle - linda hasibuan, CNBC Indonesia
04 June 2021 12:35
The Hong Kong Observation Wheel is seen at waterfront in Hong Kong, Thursday, Oct. 15, 2020. Hong Kong and Singapore say they have agreed to a bilateral air travel bubble, re-establishing travel links as coronavirus infections in both cities decline. (AP Photo/Kin Cheung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lahan parkir pribadi menjadi barang yang sangat mewah di Hong Kong. Baru-baru ini, sebuah lahan parkir untuk satu mobil dijual 10 juta dolar Hong Kong (US$ 1,3 juta) atau Rp 18 miliar lebih.

Lahan parkir seluas 12,5 meter persegi tersebut berada di kompleks apartemen mewah bernama The Peak. Kompleks tersebut merupakan area yang diminati oleh orang-orang kaya Hong Kong sejak zaman kolonial.

Dilansir dari AFP, Jumat (4/6/2021), The Peak berlokasi di puncak bukit dengan pemandangan Victoria Harbour. Harga properti di area ini memang sangat mahal, dan masuk ke dalam area properti termahal di dunia.


Meski banyak orang kaya Hong Kong yang rela merogoh kocek jutaan dolar untuk membeli rumah, namun banyak juga warga Hong kong yang harus berjuang untuk menyewa apartemen kecil, bahkan lebih kecil dari area parkir satu mobil.

Laporan UBS pada 2019 mengatakan, pekerja terampil di Hong Kong harus mengumpulkan gaji hingga 22 tahun lamanya untuk bisa membeli apartemen seluas 60 meter persegi. Apalagi angka gaji atau penghasilan pekerja di Hong Kong tak berubah sejak 2008.

Studi lainnya pada 2019 lalu menyatakan, harga rata-rata properti di Hong Kong adalah 1,2 juta dolar Hong kong, atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Pasar properti mewah di Hong Kong kembali menggeliat setelah periode ketidakpastian guncangan politik melanda, dan telah melewati masa kritis akibat pandemi Covid-19.

Tahun ini, sebuah sebuah penthouse dengan ukuran 3.378 kaki persegi di Hong Kong terjual US$ 59 juta atau lebih dari Rp 826 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading