Asia Bangga, Nenek 'Minari' Youn Yuh-jung Raih Oscar 2021

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 April 2021 15:30
Yuh-Jung Youn, winner of the award for best actress in a supporting role for

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktris senior Youn Yuh-jung menjadi peraih piala Oscar pertama dari Korea Selatan. Usianya yang tergolong tak muda lagi, tak membuatnya putus asa berkiprah di dunia seni peran.

Ia menghabiskan beberapa dekade memerankan karakter non konformis. Ia pernah berperan sebagai pewaris yang kejam hingga pelacur tua, menantang norma sosial baik dalam karier maupun kehidupan.


Namun dalam film "Minari", drama keluarga tentang imigran Korea di Amerika Serikat (AS), karakter Youn relatif lebih konvensional. Ia mendapatkan piala Oscar dalam nominasi pemeran pendukung terbaik sebagai seorang nenek yang ceria.

Karakter Youn di "Minari", yang cukup berbeda dari karakter yang pernah ia perankan, mendapatkan banyak perhatian. Sutradara film "Parasite", Bong Joon-ho mengatakan peran itu adalah "karakter terindah yang pernah dimainkan Youn".

"Penghargaan tersebut tidak hanya menghormati penampilan Youn di 'Minari', tetapi puncak dari karir yang terkenal bekerja dengan banyak sutradara terkemuka di Korea. Kemenangan itu harus menjadi bukti karir yang mengasah keahliannya," kata Brian Hu, profesor film di San Diego State University, dikutip dari AFP.

Film "Minari", yang ditulis dan disutradarai oleh keturunan Korea-Amerika Lee Issac Chung. Ini berkisah mengenai keluarga asal Korea yang pindah ke pedesaan Arkansas untuk mengejar kehidupan yang lebih baik.

Masuk dalam enam nominasi Oscar, "Minari" dibuat berdasarkan pengalaman pribadi sang sutradara Chung yang tumbuh di Amerika pada 1980-an. Kemenangan Youn adalah kesuksesan Oscar kedua untuk film berbahasa Korea dalam beberapa tahun, setelah "Parasite" menjadi pemenang film terbaik pertama pada tahun 2020.

Kemenangan ini juga datang pada saat yang sulit bagi komunitas Asia di AS. Profesor film Hu mengatakan bahwa penghargaan Youn juga merupakan "validasi bagi begitu banyak nenek di rumah tangga Korea-Amerika, terutama pada saat orang tua Asia-Amerika dipandang sebagai korban daripada pemenang".

Halaman 2>>

Profil Youn dan Karakternya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading