Ada Personel BTS, 6 Artis Korea Ini Pernah Kerja Part Time

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
23 February 2021 21:18
Kim Go Eun. Dok:kim.goeun

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia hiburan Korea Selatan seperti menjadi kiblat baru bagi Asia, dan bahkan tingkat dunia. Tak hanya grup penyanyi (idol) yang digemari warga Asia dan dunia, namun artis atau bintang drama seri dan juga film pun banyak digandrungi berbagai pihak, tua dan muda.

Tapi jangan salah, ketenaran yang mereka raih saat ini, ternyata dicapai dengan usaha keras dan tak instan. Bahkan, sejumlah artis menghabiskan masa muda dengan bekerja paruh waktu (part time) sebelum kini menjadi artis ternama.

Beberapa artis Korea sempat bekerja paruh waktu di pom bensin, restoran, hingga peternakan. Meski bekerja paruh waktu, namun ternyata mereka juga masih memedulikan pendidikan. Tak jarang, penghasilan dari kerja paruh waktu itu juga disisihkan untuk membiayai pendidikan mereka hingga jenjang universitas.


Mengutip dari Wolipop, berikut enam artis Korea yang pernah bekerja paruh waktu sebelum menjadi terkenal seperti saat ini:

1. Kang Ha Neul

Kang Ha Neul telah membintangi sejumlah judul drama populer Korea seperti The Heirs dan When The Camellia Blooms. Sebelum terkenal seperti sekarang, artis Korea ini bekerja part time untuk mewujudkan impiannya.

Kang Ha Neul pindah dari Busan ke Seoul sendirian, untuk mengajar mimpinya menjadi seorang aktor. Berasal dari keluarga miskin, keluarganya tak dapat membiayai iuran masuk sekolah seni.

Tak ingin merepotkan orangtuanya, Kang Ha Neul bekerja paruh waktu di mini market, pompa bensin, peternakan bebek, restoran buffet, dan membagikan brosur di jalan. Bahkan selama kuliah, ia masih bekerja part time untuk menafkahi diri sendiri.

Kang Ha Neul (Tangkapan Layar Instagram)Foto: Kang Ha Neul (Tangkapan Layar Instagram)
Kang Ha Neul (Tangkapan Layar Instagram)

2. Kim Go Eun

Kim Go Eun populer di drama Korea Cheese In The Trap, dan membintangi drakor Goblin dan The King: Eternal Monarch. Sebelumnya, artis Korea ini lebih dulu bekerja paruh waktu di sejumlah tempat untuk mewujudkan impiannya.

Kim Go Eun pernah bekerja part time sebagai model di mal, pekerja perekam suara di balai kota, dan menjadi pelayan di restoran mie soba. Ia bermimpi menjadi kru film dan penulis, lalu bersekolah di sekolah seni, dan pindah ke Universitas Nasional Korea dengan beasiswa.

Untuk mempertahankan beasiswanya, Kim Go Eun hanya fokus pada akademiknya selama semester berlangsung. Namun saat perkuliahan libur, ia bekerja siang dan malam untuk mencari nafkah sendiri.

Kim Go Eun. Dok:kim.goeunFoto: Kim Go Eun. Dok:kim.goeun
Kim Go Eun. Dok:kim.goeun


3. Ryu Jun Yeol

Artis Korea Ryu Jun Yeol yang populer di drama Korea Reply 1988 sebelumnya bekerja paruh waktu. Ia pernah menjadi pelayan di restoran barbeque, pelayan katering, kurir paket, membagikan brosur, menyiapkan kursi untuk acara, dan membuka kotak kayu di pasar.

Ryu Jun Yeol bahkan pernah menjual merchandise di konser grup KPop SHINee, dan mengatur lalu lintas mobil di lokasi syuting film Korea Veteran. Ia menjadi mahasiswa jurusan Film di Universitas Suwon dengan beasiswa.

Selama semester berlangsung, Ryu Jun Yeol belajar untuk mempertahankan beasiswanya dan bekerja part time selama libur perkuliahan. Ia menerapkan etos kerja yang sama saat berakting dan pernah berpikir, "Aku akan ikut audisi 1.000 kali. Mari kita lihat apakah aku akan berhasil."

Ryu Jun Yeol (Tangkapan Layar Instagram @ryusdb)Foto: Ryu Jun Yeol (Tangkapan Layar Instagram @ryusdb)
Ryu Jun Yeol (Tangkapan Layar Instagram @ryusdb)


4. Suga BTS

Sebelum terkenal dan mendunia, idol KPop ini bekerja part time dan melewati masa sulit. Program televisi TMI News yang tayang di Mnet sempat menceritakan perjalanan Suga BTS yang mengharukan dan inspiratif.

Karena cedera dan situasi keuangannya, Suga BTS memutuskan untuk mengakhiri masa trainee. Namun, kepala agensi Big Hit Entertainment, Bang Si Hyuk mengatakan ia akan menunggu bahunya sembuh dan membiayai uang sekolah Suga BTS.

Selama menjalani masa trainee, Suga BTS bekerja part time untuk menafkahi diri sendiri dan membayar uang sekolah. Ia bekerja sebagai kurir dan cedera pada bagian bahu karena mengalami kecelakaan. Para dokter memberi tahu Suga BTS tak dapat melakukan aktivitas apa pun yang dapat membuat bahunya tegang.

Suga BTS (Tangkapan Layar Instagram @bts_official)Foto: Suga BTS (Tangkapan Layar Instagram @bts_official)
Suga BTS (Tangkapan Layar Instagram @bts_official)

INFORMASI BERIKUTNYA >>> KLIK DI SINI


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading