Jangan Keliru, Virus Corona Bisa Nempel di Feses 3-4 Hari Lho

Lifestyle - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 February 2021 10:15
INFOGRAFIS, Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Jakarta, CNBC Indonesia - PandemiĀ Covid-19 di tanah air hampir berusia satu tahun. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui perihal virus corona baru penyebab Covid-19. Salah satunya adalah media penularan virus.

"Bahwa dia itu masih hidup sebetulnya di dalam permukaan-permukaan, iya memang di aerosol dia bisa tinggal cuma 3 jam, tetapi kalau di permukaan dalam jumlah banyak dia bisa hidup di kaca, di kayu, di plastik, di limbah karton," ujar Ketua Sub Bidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Dr dr Lia G Partakusuma, SpPK, MM, MARS dalam webinar di YouTube BNPB.

"Nah di dalam solid feses itu dia masih ada 3-4 hari itu ya atau di feses masih ada, jadi banyak sekali bisa menularkan lewat mana-mana," lanjutnya yang juga seorang spesialis patologi klinis itu.



Dr Lia menyarankan, bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri agar perlu selalu melakukan disinfeksi di rumah. Setidaknya, virus corona itu disebutnya bisa mati dalam suhu lebih dari 60 derajat celcius.

* Udara (aerosol): 3 jam
* Tembaga: 4 jam
* Karton: 24 jam
* Stainless steel: 2-3 hari
* Saluran air: 3 hari
* Solid feses: 3-4 hari
* Plastik: 3 hari
* Kayu: 4 hari
* Kaca: 5 hari

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading