Polkadot hingga Berdaun Besar, Ini 5 Tanaman Hias Kekinian

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 February 2021 12:10
Tanaman Calathea Rattlesnake (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren tanaman hias tampaknya belum juga surut. Dan yang terbaru adalah, bukan hanya janda bolong yang jadi tren.

Ada tanaman hias pendatang baru yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021. Berikut adalah di antaranya, seperti dikutip dari The Spruce.


1. Alocasia Regal Shield

Tanaman hias berdaun besar ini diprediksi akan menggantikan populer. Salah satunya adalah Alocasia Regal Shield.

Jenis alokasia ini disebut beberapa pihak 'kuping gajah'. Ia menggantikan jenis tanaman hias lain, salah satunya Karet Kebo, yang sempat tren di 2020.

Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)Foto: Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)
Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)

2. Sirih Lurik

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Scindapsus Silver atau sirih gading perak. Ia digadang-gadang akan populer karena keunikan daunnya yang berwarna hijau keperakan.

Namun tanaman ini termasuk langka. Meski demikian bibitnya tergolong masih relatif murah jika dilihat di sejumlah market place RI.

Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)Foto: Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)
Bisnis Tanaman Hias (Cnbc Indonesia/Tri Susilo)

3. Calathea Rattlesnake (Bulu Ayam)

Tanaman hias calathea memiliki banyak jenis. Salah satu yang dianggap akan populer adalah Calathea Rattelsnake atau Calathea Lancifolia alias calathea bulu ayam.

"Dedaunannya yang berpola dengan daun bawah ungu tua terlihat sangat indah, bahkan dalam pot yang paling sederhana," ujar Megan George Direktur Kreatif The Zen Succulent

Bentuk daun calathea ini panjang-panjang dan bergelombang. Dibagian bawah daunnya ada warna keunguan juga menjadi daya tarik dari tanaman hias ini.

4. Palem Waregu (Rhapis)

Waregu merupakan sekelompok palem yang termasuk dalam genus Rhapis. Perkiraan bahwa tanaman ini akan menjadi tren disampaikan seorang direktur di portal rucukan berkebun Plants.com.

Menurutnya, tanaman ini disukai karena ukurannya yang besar. Ia menyebut waregu mampu menciptakan daya tarik visual di dalam sebuah ruangan.

5. Begonia Polkadot

Begonia polkadot adalah tanaman hias lain yang diprediksi populer di tahun 2021. Corak daun tanaman ini terbilang unik, yakni berbintik-bintik perak dan bagian bawahnya yang berwarna kemerahan.

Secara umum, begonia juga mudah dirawat. Namun jenis ini tidak menyukai cahaya langsung.

Tanaman Begonia polkadot (Photo by Diem Nguyen from Pexels)Foto: Tanaman Begonia polkadot (Photo by Diem Nguyen from Pexels)
Tanaman Begonia polkadot (Photo by Diem Nguyen from Pexels)


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading