Mari Berburu, 7 Tanaman Hias Ini Diprediksi Jadi Tren di 2021

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 January 2021 12:57
Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Merawat tanaman hias menjadi tren sepanjang 2020 karena banyak orang tiba-tiba menjadikan ini sebuah hobi guna mengalihkan rasa bosan di kala harus tinggal di rumah selama pandemi Covid-19.

Nampaknya hobi merawat tanaman hias akan tetap bertahan atau bahkan semakin banyak digeluti pada 2021 ini.

Diperkirakan setidaknya ada tujuh jenis tanaman hias yang bakal menjadi tren selama 2021, seperti dikutip dari HaiBunda:


1. Fishbone Cactus

Jenis tanaman hias pertama yang diprediksi populer pada 2021 adalah fishbone cactus atau kaktus tulang ikan. Berasal dari hutan hujan Meksiko, tanaman hias ini dikenal dengan batangnya yang panjang, pipih, dan bentuknya yang menyerupai tulang ikan.

Dengan bentuknya yang tampak unik, popularitas tanaman hias ini kian melambung dalam beberapa waktu terakhir. Berdasarkan data pencarian Google, fishbone mengalami peningkatan pencarian sebesar 2.230,33% selama lima tahun terakhir.

Oleh sebab itulah, tanaman hias ini diperkirakan akan menjadi berita besar pada 2021.

Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)Foto: Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)
Fishbone cactus. (Dok: Istimewa)


2. Bunny Ear Cactus

Bunny ear cactus atau kaktus telinga kelinci juga diperkirakan akan menjadi tren di tahun ini. Jenis kaktus ini memang tidak memiliki daun dan bunga yang cantik. Namun, karena bentuknya yang batangnya yang berduri dan lonjong menyerupai telinga kelinci, membuat tampilannya semakin unik.

Tanaman hias kaktus ini mengalami peningkatan penelusuran sebesar 1.984,77%. Oleh sebab itu, tanaman hias ini diprediksi akan diburu oleh para pencinta tanaman hias pada 2021 ini.

Bunny ear cactus. (Dok: Istimewa)Foto: Bunny ear cactus. (Dok: Istimewa)
Bunny ear cactus. (Dok: Istimewa)


3. Blue Star Fern

Blue Star Fern atau pakis telah merayap dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir. Tanaman hias ini merupakan pilihan yang tepat bila ingin mendekorasi dalam ruangan (indoor).

Sebab, selain daunnya yang berwarna hijau segar, tanaman hias ini dapat tumbuh subur di tingkat kelembapan yang tinggi, seperti di kamar mandi.

Blue star fern. (Dok: Istimewa)Foto: Blue star fern. (Dok: Istimewa)
Blue star fern. (Dok: Istimewa)


4. Mistletoe Cactus

Tanaman hias ini paling cocok untuk diletakkan di rak tinggi atau di sudut meja ruang tamu. Dengan batang sekulen yang menggantung seperti rambut lusuh, ini adalah tanaman hias unik yang akan tumbuh subur sepanjang tahun.

Penelusuran di Google untuk kaktus mistletoe ini telah meningkat sebesar 1.466,62%.

Mistletoe cactus. (Dok: Istimewa)Foto: Mistletoe cactus. (Dok: Istimewa)
Mistletoe cactus. (Dok: Istimewa)


5. Velvet Calathea

Diprediksi sebagai salah satu tanaman hias paling populer pada 2021. Penelusuran untuk velvet calathea telah meningkat 1.291,10% dalam lima tahun terakhir.

Berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan, tanaman his ini menyukai cahaya, kehangatan, dan kelembapan.

Velvet calathea juga memiliki dedaunan gelap, sehingga bisa menciptakan kesan eksotis di rumah. Selain itu, jenis calathea ini juga dapat membersihkan udara dari polutan, sehingga membuat suasana lebih segar.

Velvet calathea. (Dok: Istimewa)Foto: Velvet calathea. (Dok: Istimewa)
Velvet calathea. (Dok: Istimewa)


6. String of Hearts

Sesuai dengan namanya, tanaman hias string of hearts memiliki daun berbentuk hati yang cocok untuk dijadikan dekorasi dalam ruangan (indoor).

Batangnya panjang menjuntai ke bawah.

Tanaman hias ini merupakan pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan bila Anda menginginkan tanaman hias gantung.

String of hearts. (Dok: Istimewa)Foto: String of hearts. (Dok: Istimewa)
String of hearts. (Dok: Istimewa)


7. Happy Bean Plant

Percantik dalam ruangan dengan tanaman hias unik yang kecantikannya memukau ini. Dengan nama yang terlihat bahagia ini, tanaman happy bean plant tidak banyak menuntut jika dibandingkan tanaman hias lainnya.

Happy bean plant termasuk jenis tanaman semi-sukulen. Berarti, tanaman hias ini mampu menyimpan air selama musim kering dan tak harus sering disiram.

Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)Foto: Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)
Happy Bean Plant. (Dok: Istimewa)

[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading