Kalahkan V BTS, Ini Fakta Xiao Zhan Pria Tertampan Dunia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 December 2020 11:33
Xiao Zhan ( Tangkapan Layar Instagram @xiaozhan.daytoy)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor asal China, Xiao Zhan masuk ke dalam daftar pria tertampan versi Top Beauty World (TB World) 2020. Ia bahkan terpilih sebagai pemenang.

Popularitas pria 29 tahun tersebut mengalahkan deretan selebriti tampan dunia lain yang masuk nominasinya. Termasuk V anggota BTS yang berada di peringkat kedua.


Lalu siapakah Xioa Zhan?

Tak banyak fakta yang terungkap mengenai latar belakang keluarga Xiao Zhan. Namun ia disebut sebagai anak satu-satunya dalam keluarganya.

Idola kelahiran 5 Oktober 1991 lahir di Chongding, China. Sejak kecil, ia telah belajar menggambar dan bermain biola.

Xiao Zhan merupakan lulusan Modern International Art Design Academy of CTBU dan Chongqing Technology University. Diketahui ia pernah bekerja sebagai desainer grafis sebelum akhirnya bergabung di dunia hiburan.

Pada tahun 2015, Xiao Zhan berpartisipasi di program realitas X-Fire di mana ia dilatih untuk menjadi idol bersama dengan 15 trainee lainnya. Xiao debut sebagai idol di China dengan group X NINE pada tahun 2016, dengan posisi sebagai vokalis utama.

Perjalanan karier Xiao Zhan di dunia hiburan cukup mentereng. Setiap drama dan filmnya laris manis, terakhir dan paling populer The Untamed.

Xiao Zhan ( Tangkapan Layar Instagram @xiaozhan.daytoy)Foto: Xiao Zhan ( Tangkapan Layar Instagram @xiaozhan.daytoy)
Xiao Zhan ( Tangkapan Layar Instagram @xiaozhan.daytoy)

Selain The Untamed, film dan acara tv yang pernah dibintangi Xiao Zhan antara lain Our Song, The Wolf, The Oath of Love, Joy of Life, dan Oh My Emperor.

Sejak tahun lalu, popularitas Xiao Zhan memang meroket dan membuatnya semakin banyak fans. Xiao Zhan sering berada di puncak daftar pria pemilik wajah paling ganteng karena pesonanya.

Selain Top Beauty World 2020, sebelumnya ia juga meraih posisi pertama dalam TCC Asia 'The Most Handsome Faces' tahun 2019. Kala itu, Xiao Zhan berada di urutan pertama, mengungguli Sehun EXO di posisi kedua dan posisi ketiga diisi oleh actor Jepang Tomohisa Yamashita.

Skandal

Siapa sangka, Xiao Zhan juga pernah terlibat insiden hingga membuat sebuah situs fan fiction AO3 diblokir. Saat itu beredar sebuah cerita soal sebuah tokoh fiksi yang kebetulan bernama sama, Xiao Zhan, yang terjebak dalam perangkap gender.

Dikutip dati Time Out Shanghai, skandal ini kemudian disebut sebagai 'Insiden 277'. Cerita fiksi dewasa itu menggambarkan kehidupan kelompok gay.

Sebagian penggemar dan kelompok yang tak suka dengan cerita tersebut melaporkan ini ke otoritas China. Akhirnya web tersebut ditutup.

Namun jutaan pengguna situs tersebut memulai kampanye online untuk mendeskriditkan sang aktor. Ia kemudian diberikan peringkat rendah hingga semua penampilan Xiao Zhan diboikot.

Xiao Zhan sendiri menghilang dari mata publik. Ini sempat mempengaruhi produk yang diwakilinya karena merek takut akan potensi keributan lebih lanjut.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading