Heboh! Taylor Swift Ribut dengan Produser Musik Scooter Braun

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
18 November 2020 15:52
Inilah Deretan Musisi Tajir 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Perseteruan kembali terjadi antara penyanyi Taylor Alison Swift dan eksekutif musik Scott Samuel 'Scooter' Braun. Taylor mengkonfirmasi bahwa hak atas master enam album pertamanya dijual kembali oleh Braun ke sebuah perusahaan ekuitas swasta.

Dalam postingan Twitter pada Senin (16/11/2020), Taylor dan timnya menerima surat beberapa minggu yang lalu dari Shamrock Holdings, perusahaan ekuitas swasta yang didirikan oleh Roy Disney.




Surat itu memberitahu Taylor bahwa perusahaan tersebut telah membeli rekaman asli atau master dari enam albumnya. Kesepakatan itu diyakini bernilai lebih dari US$ 300 juta, menurut laporan media Variety.

"Ini adalah kedua kalinya musik saya dijual tanpa sepengetahuan saya," kata Taylor dalam posting Twitter-nya.

Menurut Taylor, Shamrock mengatakan bahwa sebelum penjualan, Braun meminta perusahaan tersebut tidak menghubungi dia atau timnya atau kesepakatan tidak akan dilanjutkan.

Penyanyi itu mengatakan bahwa dia juga belajar dari Shamrock bahwa berdasarkan kesepakatan, Braun akan terus mendapatkan keuntungan dari katalog musik lamanya, yang terdiri dari enam album dengan mantan label rekamannya, Big Machine.

"Saya berharap dan terbuka untuk kemungkinan kemitraan dengan Shamrock, tetapi partisipasi Scooter bukanlah hal yang pertama bagi saya," ujarnya.

Perselisihan tentang musik Taylor dimulai tahun lalu, ketika perusahaan media Braun, Ithaca Holdings, membeli Big Machine Label Group dari manajer lamanya Scott Borchetta, bersama dengan rekaman asli dari enam album pertama Taylor.

Swift telah mencoba membeli kembali masternya selama setahun terakhir, tetapi mengatakan tim Braun ingin dia menandatangani perjanjian kerahasiaan sebelum melihat catatan keuangan Big Machine, "yang selalu menjadi langkah pertama dalam pembelian semacam ini."

NDA dikatakan telah meminta dia untuk "tidak pernah mengatakan sepatah kata pun tentang Scooter Braun kecuali itu hal yang positif". Tentu hal ini, menurut tim hukum Taylor, sama sekali tidak normal.

Dalam postingan Twitternya, Taylor juga memasukkan surat yang dikirimkan ke Shamrock, yang menjelaskan mengapa dia saat ini tidak mempertimbangkan untuk bekerja dengan perusahaan ekuitas swasta tetapi mengatakan itu harus memberitahu dia jika itu pernah "sepenuhnya independen dari Scooter Braun dan rekan-rekannya."

Selain itu Taylor mengatakan dia akan terus merekam ulang lagu-lagu lamanya dan menyadari bahwa ini akan mengurangi nilai dari masternya.

"(Tetapi percaya itu adalah) satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali rasa bangga (untuk musik lamanya)," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading