Beasiswa LPDP Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Tahapan Pentingnya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 October 2020 19:29
LPDP Kemenkeu

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hari ini, Selasa (06/10/2020) resmi membuka pendaftaran program beasiswa, meski kini masih di tengah pandemi Covid-19.

Melalui akun resmi instagramnya @lpdp_ri, lembaga pemberi beasiswa ini mengungkapkan informasi terkait pendaftaran program beasiswa ini.

Tahun ini LPDP menargetkan dapat memberikan beasiswa kepada hampir 4.000 orang. Angka ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini LPDP juga memberikan dukungan biaya pendidikan untuk 42 universitas dalam negeri dan 275 universitas luar negeri.


Sebanyak 65% beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang mendaftar perguruan tinggi di dalam negeri, dan sisanya untuk beasiswa belajar di universitas luar negeri.

Adapun jadwal pendaftaran program beasiswa LPDP 2020 ini dibuka selama dua minggu mulai hari ini, Selasa, 6 Oktober hingga 20 Oktober 2020. Setidaknya, ada dua kategori beasiswa LPDP yang diberikan yakni untuk pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia.

Beasiswa perguruan tinggi utama dunia diperuntukkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengambil studi pendidikan magister dan doktoral. Sementara beasiswa pendidik diperuntukkan bagi tenaga pendidik atau guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan mengambil jenjang S2 atau magister.

Selain itu, ada juga beasiswa doktoral yang diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud serta Kementerian Agama.


Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa LPDP bisa dilakukan mulai hari ini, Selasa 6 Oktober 2020 dan akan berakhir pada dua pekan mendatang, Selasa, 20 Oktober 2020.

"Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id mulai hari ini (6 Oktober) hingga 20 Oktober 2020," begitu keterangan tertulis seperti dikutip dari akun instagram resmi LPDP @lpdp_ri.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Setelah itu, pendaftar juga diharuskan melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

"Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapat kode registrasi atau pendaftaran," begitu bunyi keterangan tertulis seperti dikutip dari booklet yang diunduh dari laman https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.


Tahapan Seleksi

Ada dua tahap seleksi beasiswa LPDP, baik untuk kategori pendidik maupun Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, yakni seleksi administrasi dan seleksi substansi.


Tahapan Pendaftaran dan Seleksi

Dikutip dari booklet yang diunduh dari laman https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/, berikut ini tahapan pendaftaran beasiswa LPDP

a. Tahapan Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Pendidik

Pembukaan pendaftaran: 6 Oktober 2020

Penutupan pendaftaran beasiswa: 20 Oktober 2020

Seleksi administrasi: 21 Oktober-1 November 2020

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 2 November 2020

Seleksi substansi: 4-20 November 2020

Pengumuman hasil seleksi substansi: 4 Desember 2020

b. Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Pembukaan pendaftaran: 6 Oktober 2020

Penutupan pendaftaran beasiswa: 20 Oktober 2020

Seleksi administrasi: 21 Oktober-1 November 2020

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 2 November 2020

Seleksi substansi: 4-20 November 2020

Pengumuman hasil seleksi substansi: 4 Desember 2020


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading