Kacau! Pemuda Ini Pakai Dana Bantuan Covid-19 Buat Judi

Lifestyle - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 July 2020 20:10
PERAMPOKAN UANG DIGITAL TERBESAR

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pria di California ditangkap pihak berwenang setelah melarikan US$ 8 juta atau setara Rp 116,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.600/US$) dana bantuan Covid-19 dan menggunakannya untuk berjudi.

Dilaporkan BBC, pria bernama Andrew Marnell (40 tahun) mendapatkan tuduhan permohonan pinjaman palsu atas nama beberapa perusahaan mendapatkan dana Paycheck Protection Program funds.

Dalam sidang yang dijalannya, Jaksa Penuntut di Los Angeles menuduh Marnell telah menghabiskan ratusan ribu dolar di kasino Las Vegas. Dana ini juga ditempatkan di saham-saham yang berisiko tinggi.


Marnell diperkirakan akan menghadapi hukuman 30 tahun penjara jika terbukti melakukan penipuan bank.

Paycheck Protection Program adalah skema pemerintah Amerika Serikat yang ditujukan untuk membantu perusahaan kecil dan mencegah PHK selama pandemi. Pemerintah mempersiapkan dana hingga US$ 500 miliar untuk stimulus ini namun justru menjadi kontroversi di negara ini.

Beberapa analis menilai stimulus ini justru rentan terhadap penipuan dan sebagian besar dana bantuan ini justru diberikan kepada perusahaan besar yang tidak memerlukan bantuan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading