Jadi Idola Kpop Pertama RI, Dita Karang Disorot Media Asing

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 June 2020 13:23
Dita Karang (Tangkapan Layar Instagram @ditakarang)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi bintang K-pop adalah impian bagi banyak remaja, termasuk Dita Karang.  Bintang K-pop pertama dari Indonesia ini adalah bagian dari girlbandSecret Number, sebuah girl band beranggotakan lima orang yang melakukan debut bulan lalu dengan single "Who Dis?"


 Sosok Dita Karang jadi sorotan media asing, mulai dari Bangkok Post dan South China Morning Post (SCMP).

SCMP mengulas, dalam video musik single nya, Karang dibalut busana K-pop dari Balenciaga dan sepatu bot selutut. Dia terlihat begitu lentur saat menari sambil bernyanyi dalam bahasa Korea.
 
Sejak Secret Number diluncurkan, pemilik nama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang ini telah memiliki banyak pengikut di media sosialnya. Banyak dari penggemarnya dari Indonesia kagum dengan perjuangan Dita menembus industri musik Korea.

Bagi Dita, semuanya merupakan berkah dan tanggung jawab besar.




 "Saya sangat berterima kasih untuk mendapatkan umpan balik dari orang-orang di rumah.  Tapi saya tidak bisa berbohong dan mengatakan bahwa saya tidak merasakan tekanan apa pun, karena saya tidak ingin mengecewakan mereka dan mereka yang memandang saya," kata Dita Karang, dikutip dari SCMP.

Dita mengungkapkan dia bangga mendapatkan gelar idola  K-Pop pertama dari Indonesia. Kendati demikian, hal itu tidak membuatnya terbuai. 

"Aku sebenarnya sangat bangga dengan istilah itu.  Saya bergabung dengan komunitas ini karena saya suka K-pop, dan bukan karena saya ingin menjadi pertama dari apa pun," ucap dia.

Jalan dia untuk menjadi bintang dimulai seperti yang dilakukan oleh idola K-pop lainnya. Wanita 24 tahun ini pernah menghabiskan waktu luangnya dengan berlatih tari dari video musik K-pop girl band favoritnya 2NE1.

Akhirnya, ia pun lulus kompetisi menari dan menyukai semua hal yang terkait dengan gelombang hallyu budaya Korea.

Dia pun melanjutkan belajar teater tari di American Musical and Dramatic Academy di New York, yang melahirkan bintang lain seperti Jason Derulo dan Janelle Monae. Dari sana, Karang jatuh cinta dengan panggung.

"Perasaan saya ketika saya bersiap-siap untuk tampil, bagaimana rasanya ketika saya benar-benar di atas panggung, dan saat itu setelah saya turun panggung itu tidak tergantikan," katanya.

Selesai menimba ilmu di New York, Karang pun mengikuti audisi pencarian bintang K-pop dan menempatkannya di radar Vine Entertainment. Agensi terkesan dengan penampilan panggung dan keterampilan menarinya, lalu mengundangnya kembali ke Korea Selatan untuk bergabung dengan grup Secret Number.

Karang bukan satu-satunya figur unik dalam daftar Secret Number.  Kelompok itu memiliki lima wanita multinasional terdiri dari vokalis asal Jepang yakni Léa dan dua Korea-Amerika: rapper Jinny dan vokalis utama Denise. Penari utama adalah Soodam asli Korea Selatan melengkapi grup itu.

Soodam mengatakan bahwa karena anggota Secret Number berasal dari berbagai belahan dunia, ada kalanya mereka memiliki perbedaan budaya. Alih-alih melihat sebagai batu sandungan, bagaimanapun kelompok ini memiliki keunikan satu sama lain.

 "Memiliki anggota asing telah mengajarkan kita untuk saling memahami dengan lebih baik," katanya.
 
Karang pun setuju dengan pernyataan Soodam. Dia menyebut bahwa perbedaan ini menjadi sebuah sinergi yang saling mendukung satu sama lain.


[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading