Cegah Pandemi, Ajang Oscar ke-93 Diundur Jadi April 2021

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 June 2020 09:57
FILE - In this March 2, 2014 file photo, director Steve McQueen, left, congratulates Lupita Nyong'o on her win for best actress in a supporting role for

Jakarta, CNBC Indonesia - Penghargaan insan perfilman, Oscar ke-93 kembali ditunda. Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan pada Senin kemarin (15/6/2020) bahwa pagelaran Oscar ke-93 akan berlangsung pada akhir April 2021 bukan 28 Februari 2021.

Penundaan tersebut disebabkan karena pandemi virus corona (Covid-19) yang telah menyebabkan tutupnya bioskop di seluruh dunia sehingga membuat banyak studio film menunda rilis film terbaru. Penghargaan Academy Award itu rencananya akan berlangsung pada 25 April 2021.

Ini adalah keempat kalinya acara penghargaan insan perfilm Hollywood ini ditunda. Penundaan juga pernah terjadi pada tahun 1938, ketika itu ada wabah banjir di Los Angeles, lalu tahun 1968, setelah terjadi pembunuhan Dr. Martin Luther King Jr dan pada 1981 ketika terjadi upaya pembunuhan Presiden Ronald Reagan.


Academy Awards masih akan diadakan di Dolby Theatre di Hollywood dan akan ditayangkan langsung di ABC. Langkah ini memang menjadi rencana dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, organisasi profesi yang menggelar Oscar, untuk kembali ke pedoman kenormalan baru pada tahun depan.

Academy juga sepakat untuk memperpanjang review kelayakan untuk sebuah film untuk masuk dalam kriteria Oscar, yang biasanya sesuai dengan tahun kalender. Awalnya ditetapkan masa periode kelayakan film ditutup pada 31 Desember 2020 tapi untuk Oscar 2021, periodenya diperpanjang hingga 28 Februari 2021.

"Harapan kami, dalam memperpanjang periode kelayakan dan tanggal penghargaan adalah untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan bagi para pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa 'dihukum' karena sesuatu yang di luar kendali siapa pun," kata Presiden Akademi, David Rubin dan CEO Academy Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan bersama, dilansir CNBC.

Selain itu, Television Academy, organisasi profesi dunia pertelevisian AS, juga mengumumkan bahwa ajang Primetime Creative Arts Emmy Awards, penghargaan pendahuluan untuk insan pertelevisian, akan diadakan secara virtual pada tahun ini demi mencegah penyebaran virus corona.

Television Academy sebetulnya masih berencana menjadi tuan rumah Emmys Primetime pada 20 September mendatang, namun mereka akan mengevaluasi langkah-langkah keamanan untuk gelaran tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Syarat Baru Nominator Piala Oscar


(tas/tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading