Atlet Badminton Tontowi Ahmad Pensiun, Ini Daftar Prestasinya

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
18 May 2020 20:31
Indonesia's Ahmad Tantowi, left, returns a shot as teammate Lilyana Natir looks on in their mixed doubles final match against China's Zhao Yunlei and Zhang Nan at Djarum Indonesia Open badminton championship at Istora stadium in Jakarta, Indonesia, Sunday, June 26, 2011. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Jakarta, CNBC Indonesia- Atlet Badminton Tontowi Ahmad resmi menggantung raketnya dan pensiun sebagai atlet badminton pada Senin (18/5) ini.

Tontowi selama ini dikenal sebagai pasangan Liliyana Natsir, berdua mereka menjadi pasangan duet ganda campuran yang disegani di lapangan. Tontowi yang kini berusia 32 tahun, menyusul rekannya Liliyana Natsir yang sudah pensiun tahun lalu.

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," kata Owi, sapaan akrabnya, yang ia umumkan lewat akun Instagram @tontowiahmad_.


Pensiunnya Owi ini pun dikenang hangat oleh penggemarnya, termasuk akun official BWF yang mencuit sederet prestasi Owi di lapangan.

Gold medallists Tontowi Ahmad (INA) of Indonesia and Liliyana Natsir (INA) of Indonesia pose biting their medals. REUTERS/Marcelo del Pozo FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS.Foto: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (REUTERS/Marcelo del Pozo)
Gold medallists Tontowi Ahmad (INA) of Indonesia and Liliyana Natsir (INA) of Indonesia pose biting their medals. REUTERS/Marcelo del Pozo FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS.




World Champion
Olympic Champion
Asian Champion,

Enjoy retirement, Tontowi Ahmad

Cuit akun BWF tersebut. Owi dan rekannya memang memiliki sederet prestasi yang lengkap sebagai ganda campuran. Prestasinya yang paling kita kenang adalah ketika Tontowi dan Liliyana menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang memboyong medali emas di Olimpiade 2016.

Mengutip Detiksport, berikut adalah sederet prestasi, medali, dan capaian Owi selama menjadi atlet badminton:

 Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017
- Emas Ganda Campuran Bulutangkis Olimpiade 2016
- Emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2015
- Emas Kejuaraan Dunia Bulitangkis 2013
- Emas Ganda Campuran SEA Games 2011
- Emas Beregu Putra Bulutangkis SEA Games 2011
- 16 Gelar Juara BWF Series
- 10 Gelar Juara BWF Grand Prix


[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading