Perjalanan Karir TVXQ, 15 Tahun Menjadi Raja Kpop

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 February 2020 18:30
TVXQ merupakan salah satu boyband besar yang berkarir cukup lama dan membuka jalan Kpop ke Jepang dan Asia
Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kalian adalah penggemar K-Pop sejak awal tahun 2000-an, sudah pasti mengenal salah satu grup boyband legenda, yakni TVXQ (Tong Vfang Xien Qi) atau biasa disebut DBSK (Dong Bang Shin Ki).

Sebelum menjadi duo seperti sekarang, TVXQ debut sebagai grup musik beranggotakan lima orang, yakni U-Know Yunho (Jung Yun-ho), Max Changmin (Shim Chang-min), Hero Jaejoong (Kim Jae-joong), Micky Yoochun (Park Yoo-chun), dan Xiah Junsu (Kim Jun-su).

Dibentuk oleh agensi terbesar S.M. Entertainment pada tahun 2003, grup menuai kesuksesan dengan single debut "Hug" (2004) dan menduduki posisi nomor 4 di tangga lagu bulanan MIAK. Album studio pertama mereka, Tri-Angle (2004) dan Rising Sun (2005) keduanya sangat laris di pasaran dan berhasil mendongkrak popularitas grup ini di seluruh Korea.


Tak hanya Korea, TVXQ merambah pasar musik Jepang di bawah naungan perusahaan entertainment Avex dengan album Jepang pertama mereka, "Heart, Mind and Soul" (2006). Di Jepang, mereka diberi nama Tohoshinki, namun masih banyak juga yang memanggil mereka dengan nama DBSK.

Perjalanan Karir TVXQ, 15 Tahun Menjadi Raja Kpop Foto: TVXQ Boy Band Korea Selatan. (Instagram @tvxq.official)


TVXQ menarik perhatian internasional pada akhir dekade 2000-an, setelah grup ini meraih kesuksesan di industri musik Korea lewat album "O-Jung.Ban.Hap." (2006) dan Mirotic (2008), di mana kedua album tersebut berhasil memboyong penghargaan 'Album Tahun Ini' di Golden Disk Awards.



Walaupun sempat diperdebatkan oleh Komisi Perlindungan Pemuda Korea karena terlalu provokatif dan seksual, lagu "Mirotic" mendapatkan pujian dari para kritikus musik internasional sebagai salah satu lagu K-pop terbaik.

Dengan empat single memuncaki tangga lagu, TVXQ mendapat perhatian luas media di Jepang menyusul dirilisnya album Jepang keempat mereka, "The Secret Code" (2009).



Keluarnya Tiga Anggota dan Hiatus

Sayangnya, terlepas dari kesuksesan yang mereka raih, grup ini menghadapi konflik internal saat Jaejoong, Yoochun dan Junsu memutuskan untuk keluar dari agensi mereka, S.M. Entertainment. Mereka keluar karena merasa tidak adil dengan kontrak kerja 13 tahun, dengan pembayaran upah yang tidak sesuai.

Sebelum ketiganya hengkang pada tahun 2010, TVXQ merilis album Jepang terakhir mereka sebagai kuintet, Best Selection 2010 dan menjadi album pertama dari grup ini yang berhasil menduduki posisi puncak Tangga Album Oricon. Album ini melahirkan dua single bersertifikasi platinum, salah satunya adalah "Share the World/We Are!".

Setelahnya aktivitas mereka meredup selama setahun penuh. Namun para Cassiopeia (nama klub penggemar di Korea Selatan), dan Bigeast (nama klub penggemar di Jepang) akhirnya bisa berbahagia setelah TVXQ kembali sebagai duo U-Know Yunho dan Max Changmin.

Debut sebagai duo, mereka merilis album kelima, "Keep Your Head Down" (2011) yang sukses merajai tangga album pasar musik Asia sesaat setelah dirilis. Album Jepang pertama mereka "Tone" (2011), "Time" (2013), dan "Tree" (2014) juga kembali mengukuhkan kebesaran nama mereka di Jepang.

Album Jepang kedelapan yang berjudul "With" (2014) mengantarkan TVXQ sebagai duo non-Jepang pertama yang mampu menaklukkan Tangga Album Mingguan Oricon dengan perilisan empat album berturut-turut.

Dengan penjualan album yang melebihi sepuluh juta kopi dalam sepuluh tahun pertama karier mereka, TVXQ menjadi salah satu penyanyi tersukses Asia pada generasi mereka. Mereka sering disebut sebagai "Bintang Asia" dan "Raja K-pop" atas kesuksesan dan kontribusi mereka yang begitu besar untuk perkembangan Hallyu.



Menurut Oricon, TVXQ merupakan penyanyi non-Jepang yang memiliki single nomor satu terbanyak di Tangga Lagu Oricon dan menjadi penyanyi non-Jepang dengan angka penjualan single CD terbanyak di Jepang.

Selain itu, "Time Tour" adalah salah satu tur konser dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2013 dan memecahkan rekor penonton terbanyak di sepanjang sejarah musik K-Pop saat menggelar konser di Jepang.

Dengan tur tersebut, duo ini menjadi penyanyi Asia non-Jepang pertama yang menggelar tur lima Dome di Jepang dan penyanyi non-Jepang pertama yang tampil di Stadion Nissan. Tak heran jika Majalah Billboard menjuluki grup ini dengan sebutan "Raja K-pop".

Sepanjang karir, TVXQ sudah mengadakan 17 tur internasional dan Jepang. Belum lama ini, TVXQ selesai menggelar tur terbarunya, XV: Live Tour di Jepang sejak November 2019 hingga 2020 ini.

Selain itu, duo ini sempat mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan dua konser tambahan untuk XV: Live Tour yang akan diadakan di Tokyo Dome pada 25 dan 26 April 2020 mendatang.

Selain konser dua hari, mereka juga akan mengadakan Acara Ulang Tahun ke-15 TVXQ di tempat yang sama pada tanggal 27 April mendatang untuk merayakan debut Jepang mereka.

Sebelum mereka mengadakan live di Tokyo Dome, pada Sabtu 21 Februari besok, TVXQ akan mampir ke Indonesia. Mereka bakal tampil di acara Korean Wave in Love mulai pukul 19.00 di Trans Tv. Selain TVXQ, konser ini juga akan dimeriahkan oleh artis-artis ternama lainnya yakni JKT48, Vidi Aldiano, Melly Goeslaw, Brisia Jordie, Arsy Widianto, dan lainnya.

[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading