Soal Pariwisata, Wishnutama: Ngapain Malaysia Jadi Saingan RI

Lifestyle - Redaksi, CNBC Indonesia
08 December 2019 07:34
Soal Pariwisata, Wishnutama: Ngapain Malaysia Jadi Saingan RI
Jakarta, CNBC IndonesiaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memiliki penilaian tersendiri terhadap persaingan antarnegara dalam konteksi pariwisata. Penilaian itu disampaikan Wishnutama saat menjadi pembicara The NextDev Summit 2019 di Jakarta Convention Center, Sabtu (7/12/2019).

"Saya lihat nih, mohon maaf, Indonesia itu kayaknya emosi banget sama Malaysia sama Thailand. Padahal ngapain mereka (Malaysia dan Thailand) dijadiin saingan kita," ujarnya seperti dilansir detik.com, Minggu (8/12/2019).

"Kita selalu bandingin Malaysia itu 25 juta visitor setahun. Jauh lebih dari pada kita," lanjut Wishnutama.


Menurut dia, Indonesia lebih cocok berkompetisi dengan Selandia Baru. Di sana, jumlah kunjungan turis per tahun hanya 4 juta orang.



"Tapi spending-nya US$ 5.000. Kalau Indonesia, spending-nya masih US$ 1.200. Kita bicara kualitas. Experience pariwisata adalah kualitas," ujar Wishnutama.

Ihwal kualitas pariwisata memang kerap kali disinggung Wishnutama. Menurut dia, era pariwisata RI tidak lagi melihat dari jumlah kunjungan semata.

"Arahan Pak Presiden (Presiden Joko Widodo) adalah kualitas dari turis yang mana itu akan berpengaruh pada devisa negara, bukan lagi ke kuantitas," kata Wishnutama kepada detik.com beberapa waktu lalu di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading