Jadi Pengusaha Sukses, Simak Strategi Untung Bos Media Ini

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 October 2019 09:20
Foto: Trading Places (1983) (ist via IMDB)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pebisnis dan investor kelas kakap Daymond John mengaku kerap kali mendapat pertanyaan mengenai bagaimana cara memulai bisnis agar bisa sesukses dirinya. Hal ini ia tuangkan dalam tulisannya yang berjudul "What Every Entrepreneur Must Know To Succeed In Business" beberapa waktu lalu.

Dalam tulisan itu, ia mengatakan bahwa ada banyak sekali jawaban untuk pertanyaan itu karena ada banyak hal yang membuat bisnis sukses.
Namun, ia menjelaskan ada lima hal utama yang paling membantunya menjadi sesukses sekarang ini. Berikut kelima saran yang dibagi bintang Shark Tank itu dalam tulisannya.

1. Kerjakan pekerjaan rumah Anda


Satu hal yang biasa ditekankan oleh John kepada orang-orang agar bisa sukses adalah untuk wajib dapat mengenali lingkungan bisnis atau pasar.

"Itu berarti mempelajari pesaing Anda, kondisi pasar Anda, ke mana arah pasar, nilai rata-rata seumur hidup produk Anda, SEMUA," katanya.

"Hal yang ironis adalah, saat Anda berpikir Anda tahu semua yang Anda sadari, masih banyak yang harus dipelajari. Pengusaha terbesar adalah mereka yang terus belajar, tidak peduli seberapa besar tingkat keberhasilan yang telah mereka capai."

Ia menamai konsep itu sebagai "mengerjakan pekerjaan rumah Anda", dan itu adalah sesuatu yang telah membantu Johnson beradaptasi ketika perusahaan pakaian miliknya, FUBU, mulai kehilangan pijakan.

"Dari mempelajari dan mengerjakan pekerjaan rumah saya inilah yang memberi saya pandangan ke depan untuk beralih ke merek-merek lain seperti Willie Esco dan Coogi sehingga kami dapat terus berputar dan mempertahankan aliran pendapatan kami." Jelasnya.

2. Tetap Fokus pada satu hal

Terlepas dari banyaknya tantangan yang dihadapi, John mengatakan agar bisa sukses, seseorang harus bisa mempertahankan fokusnya pada satu hal.

"Anda perlu memahami bahwa hanya karena Anda sukses di satu pasar, bukan berarti Anda akan sukses di pasar yang lain," katanya.

"Saya belajar bahwa dalam pelajaran yang agak tiba-tiba dari Phil Knight ketika saya meneleponnya suatu hari, dan bertanya apakah dia masuk ke pasar hip-hop. Dia dengan sangat jelas menyatakan kepada saya bahwa pasar olahraga adalah fokusnya dan bahwa dia baru saja mencapai puncak gunung es ... kemudian dia menutup telepon saya," jelasnya.

Phil Knight merupakan pendiri perusahaan sepatu Nike. John menyadari bahwa fokus pada satu hal juga merupakan hal yang dilakukan Knight, sehingga ia bisa sesukses sekarang ini.

BERLANJUT KE HAL 2 >>>> (sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading