Berusia 800 Tahun, Ini Dia Bendera Negara Tertua di Dunia

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 June 2019 16:03
Berusia 800 Tahun, Ini Dia Bendera Negara Tertua di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Dannebrog, bendera negara Denmark, telah genap berusia 800 tahun pada Sabtu (15/6/2019) lalu.

Bendera yang memiliki warna serupa bendera Indonesia, merah dan putih, ini memiliki legenda unik.

Pada tanggal 15 Juni 1219 saat menghadapi Pertempuran Lindanise di Estonia, bendera ini disebut-sebut jatuh begitu saja dari langit, membuat semangat menang pasukan Denmark yang sedang dalam pertempuran berkobar.

Untuk merayakan ulang tahun Dannebrog yang ke-800, Denmark menggelar perayaan khusus berupa parade, konser, dan pidato di City Hall Square, di ibu kota negara itu, Kopenhagen. Bahkan, Pangeran Joachim dan Putri Mahkota Maria turut hadir di sana.


"Dua tahun yang lalu, kita merayakan ulang tahun ke-850 Kopenhagen, dan tahun ini kita akan merayakan 800 tahun Dannebrog," kata Walikota Kopenhagen Frank Jensen, yang menjadi salah satu pembicara utama dalam perayaan, mengutip Copenhagen Post, Senin.

"Ini akan menjadi hari perayaan bagi semua Copenhageners (penduduk Kopenhagen) di City Hall Square dan di City Hall, di mana bendera akan dikibarkan ke puncak tiang," tambahnya.

Perayaan ini dimulai pukul 13:00 waktu setempat dengan parade bendera dan konser, sebelum bendera resmi dikibarkan dengan diiringi sebuah lagu dari Stig Rossen. Sementara itu, Pangeran Joachim melakukan inspeksi terhadap pasukan penjaga (color guard).


Berbagai lagu, hiburan, dan pidato lainnya digelar, sebelum perayaan diakhiri pada pukul 15:30.

Dannebrog, yang dikibarkan oleh penduduk Denmark dalam hampir semua momen, telah memegang rekor Guinness Book Record sebagai bendera nasional tertua yang terus digunakan di dunia.

Berusia 800 Tahun, Ini Dia Bendera Negara Tertua di DuniaFoto: Bendera Denmark berkibar di atas Parlemen selama pemilihan umum Denmark di Kopenhagen, Denmark, 5 Juni 2019. REUTERS / Fabian Bimmer

Secara terpisah, Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor-Leste, Papua Nugini, & ASEAN juga menyampaikan ucapan selamatnya untuk bendera negaranya tersebut.

"Bendera Denmark, #Dannebrog, merayakan ulang tahunnya yg ke 800 tahun. Ini menjadikannya bendera nasional tertua di dunia," tulisnya di akun Twitter-nya, Minggu.



"Ulang tahunnya dirayakan kemarin di seluruh #Denmark. Di #Jakarta, kami bangga mengibarkan bendera di depan Residence serta Kedutaan. Warna yang sama dengan (bendera Indonesia)," tambahnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading