5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Lifestyle - Fetty Diana, CNBC Indonesia
11 April 2019 19:25
5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib Dikunjungi
Jakarta, CNBC Indonesia - Serupa dengan Bali, Pulau Lombok (NTB) juga populer menjadi tempat tujuan wisata bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Lombok menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pantai, pulau bukit, bahkan memiliki Gunung berapi yang tertinggi ke dua di Indonesia.

Untuk adat Lombok pun tak kalah dengan budayanya, terdapat Desa Adat yang warganya masih menjalani ritual upacara dan melestarikan budayanya hingga sekarang.

Jika Anda berniat menghabiskan waktu libur di Lombok, simak lima tempat wisata yang wajib Anda datangi:

Gili Trawangan

5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib DikunjungiFoto: Wisata Pantai Gili Trawangan. (DetikTravel/Afif Farhan)


Rasanya kurang afdol jika ke Lombok tapi tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Gili Trawangan. Gili Trawangan menawarkan hamparan pasir berwarna putih, air laut yang jernih, serta pemandangan yang indah. Untuk penginapan tak perlu khawatir Anda dapat bermalam diberbagai penginapan mulai dari hostel, cottage hingga resort yang memiliki pantai pribadi.


Anda juga bisa mengikuti kursus menyelam yang disediakan oleh beragam operator diving yang memiliki fasilitas kolam renang latihan hingga peralatan dan kapal untuk menyelam sehingga bisa mengeksplore laut Gili Trawangan.

Gunung Rinjani

5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib DikunjungiFoto: Gunung Rinjani (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Untuk Anda yang cinta mendaki gunung belum pendaki sejati kalau belum pernah menjajal Gunung Rinjani. Gunung Rinjani menjadi salah satu ikon wisata alam di Lombok yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah hamparan pepohonan hutan hujan dan savana luas lengkap dengan Edelweis akan memanjakan mata Anda selama perjalanan. Di tengah perjalanan menuju puncak, Anda juga dapat beristirahat di Danau Segara Anak yang airnya berwarna kebiru-biruan dan berkilau terkena sinar matahari.

Desa Sade

Jika sudah puas menikmati keindahan alam Pulau Lombok, giliran menikmati keindahan budaya wisata Lombok di Desa Sade. Di sini Anda bisa menikmati rumah-rumah tradisional Lombok yang terbuat dari tiang kayu untuk penyangga, alang-alang kering sebagai atap, dan dinding bambu.

Rumah tersebut ditinggali oleh orang asli Desa Sade yang masih satu keturunan karena mereka melakukan perkawinan antar saudara.

Salah satu mata pencaharian warga desa adalah menjual kain tenun yang dibuat secara tradsional yang dimulai dari memintal kapas kering untuk dijadikan benang kemudian mewarnai benang tersebut dengan bahan-bahan alami. Anda dapat membeli kain tenun yang sudah jadi dan belajar untuk membuat kain tenun menggunakan alat-alat tradisional.

Bukit Merese

5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib DikunjungiFoto: Bukit Merese (Randy/detikTravel)


Berbeda dengan Rinjani, tidak memerlukan banyak usaha melewati trek yang sulit untuk sampai di atas bukit dan menikmati hamparan pantai yang bisa dilihat dari sini.

Bukit Merese adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Lombok dengan nuansa eksotisnya, ini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan!

Cukup berjalan mendaki sebentar dan Anda bisa langsung melihat pemandangan garis Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung. Duduk di atas rerumputan dengan suara ombak dan semilir angin, dijamin membuat Anda betah berlama-lama disini.

Pink Beach Lombok

5 Tempat Wisata di Lombok, Indonesia Yang Wajib DikunjungiFoto: Pink Beach Lombok. (detikTravel/Fitraya)


Pink Beach merupakan pantai yang berada di Pulau Lombok yang namanya kian tersohor belakangan ini. Bertempat di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berjarak 82 km dari pusat Kota Mataram.

Pesona yang unik membuat pantai ini banyak dikunjungi turis untuk menghabiskan waktu liburan, keunikannya terdapat pada pasirnya yang berwarna pink. Warna pink tercipta dari campuran pasir putih lembut dengan serpihan halus karang merah yang sudah mati.

Akses menuju Pantai Pink bisa diakses melalui jalur darat dan laut. Untuk jalur darat kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Mataram dengan jarak tempuh kurang lebih 85 km. Sedangkan akses laut bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam mengendarai kendaraan bermotor atau mobil dengan jarak tempuh yang dilewati sekitar 66 km.

Nah, gimana keren-keren kan tempat wisata di Lombok. Jadi apakah Anda mulai tak sabar ingin menghabiskan waktu liburan ke Lombok?






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading