Ingin Beli Rumah? Pertimbangkan Hal-hal Ini Dulu!

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
28 November 2018 20:20
Ingin Beli Rumah? Pertimbangkan Hal-hal Ini Dulu!
Jakarta, CNBC Indonesia - Pembelian atau penyewaan rumah biasanya menjadi pengeluaran terbesar. Meski termasuk investasi yang menjanjikan di masa depan karena harganya terus meningkat setiap tahun, sebaiknya Anda tidak mengeluarkan uang lebih dari jumlah ini untuk rumah.

David Bach selaku co-founder dari AE Wealth Management mengingatkan agar Anda tidak menghabiskan lebih dari 35% pendapatan tahunan setelah pajak untuk rumah. Ini dilakukan agar tidak mengganggu finansial Anda ke depannya.

"Seharusnya tidak lebih dari sepertiga dari penghasilan untuk perumahan. Idealnya seperti itu bahkan kalau bisa kurang," saran David seperti dilansir dari CNBC Make It.

Jika menyewa, pengeluaran untuk biaya pemeliharaan serta kebutuhan lain juga tak lebih dari angka tersebut. Kalau baru mau membeli atau menyewa, budget-kan saja kurang dari 30%. 

Pedoman populer lain dalam membeli rumah dengan aturan 28 /36, artinya Anda sebaiknya melakukan pengeluaran tidak lebih dari 28% penghasilan kotor bulanan untuk biaya rumah dan tak lebih dari 36% dari total utang (seperti pinjaman pendidikan atau kredit mobil).

Meski demikian, setiap orang memiliki kondisi keuangan berbeda-beda. Namun semua bisa diatur asalkan Anda disiplin. Hindari menghabiskan banyak uang buat hiburan dan transportasi. 

Dengan begitu maka lebih banyak ruang dalam menyusun anggaran Anda untuk investasi atau pembelian rumah pribadi. 

Semua kembali ke pilihan, David menilai kalau orang-orang yang tinggal di kota besar umumnya sulit menjaga biaya rumah di bawah 30%. 

"Itu benar-benar tergantung di mana Anda tinggal. Jika tinggal di kota besar tidak mungkin menjaga biaya rumah di bawah 30%. Di New York, penduduknya menempatkan dua pertiga dari pendapatan mereka untuk menyewa karena tak punya pilihan lain," tambah penulis buku bestseller tersebut.

Aturan ini juga bisa membantu Anda menyiapkan dana pensiun serta penyimpanan lainnya.

[Gambas:Video CNBC]





(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading