Piala Dunia 2018

Antoine Griezmann Membuktikan Uang Bukan Segalanya

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 June 2018 10:35
Antoine Griezmann Membuktikan Uang Bukan Segalanya
Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, Piala Dunia 2018 menyajikan partai yang cukup menarik yaitu Australia vs Prancis. Yang disebut terakhir menjadi pemenang dengan skor 2-1. 

Salah satu pencetak gol kemenangan Prancis adalah Antoine Griezmann. Meski membikin gol dari tendangan penalti, penampilan Griezmann cukup lumayan sebelum digantikan oleh Olivier Giroud. 

Dalam pertandingan itu sebenarnya Prancis tidak tampil optimal, tidak ada yang eksepsional. Menurut rating versi Four Four Two, nilai rata-rata starting XI Prancis hanya 5,9. Nah, Griezmann adalah salah satu pemain yang bisa tampil di atas rata-rata dengan nilai 6. 


Griezmann masih bisa meningkatkan level permainannya karena jalan Tim Ayam Jantan masih panjang. Bahkan beberapa pihak memperkirakan Prancis bisa melangkah sampai ke final, dan mungkin saja menjadi juara. Maklum, skuat besutan Didier Deschamps ini punya valuasi termahal di Rusia 2018. 


Penampilan Griezmann yang apik bisa jadi disebabkan hatinya yang sudah tenang. Belum lama ini, Griezmann mengakhiri spekulasi soal masa depannya dengan memutuskan bertahan di klubnya yang sekarang, Atletico Madrid. 

Sebelumnya, santer terdengar kabar Griezmann akan merapat ke juara Liga Spanyol musim lalu, Barcelona. Menurut riset CIES Football Observatory, jasa Griezmann ditaksir seharga 164,5 juta euro atau sekitar Rp 2,7 triliun.  

Jika memang Barcelona ingin meminang Griezmann, maka mungkin mereka harus membayar nyaris Rp 3 triliun. Bukan uang sedikit, sangat banyak malah. 

Uang Rp 1 triliun bila digunakan di Indonesia bisa untuk membangun 155 km jalan atau menggaji 10.000 anggota Polri selama setahun penuh. Kalau hampir Rp 3 triliun ya dikalikan saja. Bukan uang receh lah...

Namun Griezmann sepertinya tidak (atau belum, siapa yang tahu) tergiur. Melalui acara televisi The Decision, Griezmann menyatakan bertahan di klub ibukota Spanyol. Setelah keputusan itu, pengguna nomor punggung 7 tersebut langsung mengunggah cuitan di Twitter yang menunjukkan kesetiaannya kepada Atleti. 

Antoine Griezmann Membuktikan Uang Bukan Segalanya@AntoGriezmann

Mungkin keputusan Griezmann tepat. Atletico memang serius untuk bersaing di kancah domestik dan Eropa. Klub tetangga Real Madrid ini telah mengamankan jasa Thomas Lemar, yang akan pindah dari Monaco usai Piala Dunia 2018. Atletico dikabarkan menggelontorkan 60 juta euro (Rp 981,25 miliar) untuk memboyong Lemar. 

Lini serang Atletico akan mengerikan musim depan. Trio Griezmann-Lemar-Diego Costa bisa memberikan ancaman bagi pertahanan lawan.  

Ditambah lagi, final Liga Champions musim depan akan dihelat di stadion Wanda Metropolitano, kandang Atletico. Tentu akan sangat menyenangkan bila Atletico bisa melangkah sampai final, karena akan bermain di kandang sendiri. 

Gairah dan keseriusan Atletico sepertinya membuat Griezmann tersentuh. Pemain 27 tahun ini pun tertular hasrat yang sama dan ingin melampiaskannya di Atletico. 

Di tengah industri sepakbola Benua Biru yang bergelimang uang, ternyata masih ada gairah yang murni. Griezmann membuktikan bahwa uang bukan segalanya. Uang bukan satu-satunya alasan untuk bermain sepakbola. 

Seperti slogan yang sering dikumandangkan pendukung Liverpool: passion beyond reason...

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading