Tips Jadi Pembeli Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran

Lifestyle - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
12 June 2018 16:01
Tips Jadi Pembeli Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang Hari Raya Idul Fitri semarak diskon yang ditawarkan gerai ritel biasa akan menggoda anda agar tertarik untuk membeli. Pada saat yang sama anda punya kebutuhan untuk belanja kebutuhan lebaran, apalagi baru menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Nah, agar belanja anda terkontrol bisa memaksimalkan diskon yang ditawarkan peritel-pertitel tersebut. Simak beberapa tips berikut agar dapat menjadi pembeli cerdas saat berbelanja, yang dirangkum dari Mastercard :

1. Tentukan Anggaran, Barang dan Toko
Selain lebih mudah dan efektif, hal ini akan sangat berguna untuk membantu anda tetap pada rencana awal. Lihatlah catatan transaksi anda sebelumnya dan buat rencana belanja dengan baik.


2. Proaktif
Diskon dan penawaran menarik selalu ada. Oleh karena itu, lakukan riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang kemudian susun jadwal belanja anda. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk produk yang ingin didapatkan. 

Toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline, sehingga anda dapat membeli barang dengan harga lebih murah tanpa harus keluar rumah. Akan tetapi, sebelum berbelanja secara online, pastikan menggunakan jaringan koneksi internet yang aman.

Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs web pada browser, yang mana ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.
Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan (offline) juga menawarkan diskon besar-besaran melalui program midnight sale terutama menjelang Lebaran Idul Fitri. 

3. Jaga Keamanan Kartu
Apabila menemukan penawaran menarik saat berada di pusat perbelanjaan, jika anda melakukan pembayaran menggunakan kartu ATM debit dan kredit, pastikan anda terhubung dengan jaringan internet pribadi ketika melakukan pembayaran, baik melalui ponsel ataupun laptop. Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

4. Tetap Waspada
Pembeli yang cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika terjadi. Jika berbelanja menggunakan kartu debit dan kredit, perhatikan saran atau informasi keamanan terbaru dan pastikan kontak bank selalu dalam genggaman, sehingga anda dapat langsung menghubungi bank tersebut jika menghadapi sebuah masalah. Dengan demikian, anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading