Review Sepekan

Amsyong, Saham-Saham Ini Ambles 25% Lebih Pekan Ini

Investment - Tim Riset, CNBC Indonesia
21 January 2023 14:00
Indosterling.com Foto: Indosterling.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tajam 3,51% secara point-to-point dan berakhir di posisi 6.874,931 pada penutupan perdagangan Jumat, 20 Januari 2023.

Pekan ini IHSG nyaris secara eksklusif ditutup di zona hijau, kecuali pada perdagangan Rabu (18/1) yang terkoreksi tipis 0,02% karena investor wait and see keputusan suku bunga Bank Indonesia yang diumumkan sehari setelahnya.

Kenaikan ini akhirnya mampu membuat IHSG berbalik arah dan mencatatkan return positif untuk 2023, dari semula tertekan dalam dan menjadi salah satu indeks nasional dengan kinerja terburuk di dunia.

Secara sektoral pekan ini semuanya mencatatkan kinerja positif dengan penguatan paling kecil dicatatkan oleh sektor transportasi dan konsumer primer yang masing-masing menguat kurang dari 1% sepanjang pekan ini. Sementara itu saham-saham yang menopang kinerja IHSG pekan ini masih didominasi oleh emiten raksasa blue chip.

Meski demikian terdapat sejumlah saham yang kinerjanya tertekan tajam pekan ini. Melansir data Bursa Efek Indonesia (BEI), lima saham yang menjadi top losers pada pekan ini, masing-masing kehilangan lebih dari 25% kapitalisasi pasarnya.

Berikut daftar saham yang menjadi top losers pada pekan ini:

  • Indosterling Technomedia (TECH) -29,78% ke harga Rp 1.945/saham
  • Eterindo Wahanatama (SOUL) -29,28% ke harga Rp 128/saham
  • Mitra Tirta Buwana (ALTO) -28,28% ke harga Rp 45/saham
  • Alakasa Industrindo (ALKA) -25,82% ke harga Rp 316/saham
  • Indo Pureco Pratama (IPPE) -25,47% ke harga Rp 79/saham.

Sementara itu peningkatan tertinggi pekan ini dicatatkan oleh Indonesia Prima Property (OMRE) yang dalam sepekan menguat 108% ke posisi Rp 980/saham dari pekan lalu yang berada di harga Rp 472/saham.

Empat emiten lain yang ikut menguat signifikan adalah Widodo Makmur Perkasa (WMPP) naik 72%, Ancora Indonesia Resources (OKAS) naik 58%, Toba Pulp Lestar (INRU) naik 54% dan Gozco Plantations (GZCO) naik 34%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Ini Diramal Cuan Meski Krisis Menyerang


(fsd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading