FOTO

Bunda, Kabar Gembira Nih! Harga Emas Antam Nyaris Rp 1 Juta

Investment - CNBC Indonesia/Tri Susilo, CNBC Indonesia
02 December 2022 17:55
Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Kamis (1/12/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung melonjak jadi Rp991.000 per gram.

Pengunjung mencoba sejumlah emas yang di jual di toko emas dikawasan Jakarta, Jumat (2/12/2022). Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Kamis (1/12/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung melonjak Rp10.000 per gram menjadi Rp991.000 per gram. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) pun naik Rp13.000 per gram menjadi Rp898.000 per gram. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Powell dalam pidatonya di acara Brookings Institution mengisyaratkan kenaikan suku bunga yang moderat. "Masuk akal untuk memoderasi laju kenaikan suku bunga kami saat kami mendekati tingkat pengekangan yang cukup untuk menurunkan inflasi. Waktu untuk memoderasi laju kenaikan suku bunga mungkin akan datang segera setelah pertemuan Desember" tuturnya dikutip CNBC International. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Namun, Powell memperingatkan bahwa Fed kemungkinan tetap memberlakukan kebijakan yang restriktif untuk waktu yang lama sebelum mengakhiri perang inflasi. "Meskipun ada beberapa perkembangan yang menjanjikan, jalan kita masih panjang untuk memulihkan stabilitas harga," tambahnya. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Hal ini tentunya menjadi sentimen positif bagi emas. Kenaikan suku bunga The Fed menjadi 'musuh' emas pada tahun ini. Emas selalu terkapar setiap kali The Fed menaikkan suku bunga acuan. Pasalnya, kenaikan suku bunga acuan akan melambungkan dolar AS sehingga membuat emas semakin mahal dan kurang menarik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Kenaikan suku bunga juga akan membuat yield surat utang pemerintah AS naik. Emas yang tidak menawarkan imbal hasil pun menjadi tidak menarik jika yield menguat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Sejak pertengahan Maret 2022, The Fed sudah menaikkan suku bunga acuan sebesar 375 bps. Dalam rentang waktu tersebut, harga emas sudah ambruk US$ 158,73 per troy ons atau 8%. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading