Tipis-tipis Saja, Harga Emas Antam Naik Rp2.000/gram

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
23 November 2022 09:35
Emas Antam Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Rabu (23/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung naik Rp32000 per gram menjadi Rp977.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga naik Rp 2.000 per gram menjadi Rp881.000 per gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Emas Antam dipengaruhi oleh gerak emas dunia. Emas dunia pada perdagangan kemarin menguat tipis 0,14% menjadi US$1.740 per troy ons.

Harga emas dunia mendapat dorongan dari pelemahan dolar yang membuat lebih murah dibandingkan mata uang lainnya.

"Emas mendapat sedikit dorongan dari dolar yang lebih lemah tetapi tampaknya memudar dengan cepat," kata Edward Moya, analis senior OANDA, dalam sebuah catatan.

"The Fed kemungkinan akan tetap berpegang pada skrip hawkish untuk sementara waktu dan kecuali kita melihat peningkatan besar dengan situasi Covid China, emas akan berjuang untuk mengumpulkan reli yang berarti."

Investor sedang menanti risalah pertemuan The Fed bulan November dijadwalkan pada hari Rabu, dengan sebagian besar pedagang meyakini kenaikan 50 basis poin pada pertemuan bulan Desember.

e

Suku bunga yang lebih tinggi merusak daya tarik emas, yang secara tradisional merupakan lindung nilai terhadap inflasi, karena meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan bunga.

"Kita mungkin akan menjelajah ke level rendah 1700-an... itu adalah level support yang kemungkinan besar akan kita turunkan," kata Bart Melek, kepala strategi pasar komoditas di TD Securities.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Hari ini: Turun Rp 4.000 & Masih Bisa Turun


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading