Harga Emas Antam Gak Kemana-mana, Tetap di Bawah Sejuta

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
18 November 2022 09:15
Emas Antam Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Jumat (18/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung turun tipis Rp 1.000 per gram menjadi Rp980.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) tetap di Rp886.000 per gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam bertahan kala emas dunia turun sekitar 0,7% ke US$ 1.760,87 per troy ons karena dolar Amerika Serikat yang melambung, sementara komentar baru-baru ini dari pejabat Federal Reserve AS mengisyaratkan berlanjutnya pengetatan kebijakan untuk menjinakkan inflasi.

Dengan pejabat Fed menyatakan perlunya perlambatan lebih lanjut dalam inflasi AS, "pasar menafsirkan bahwa tingkat yang lebih tinggi, yang membuat emas menjual di sini di sesi semalam," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

"Dolar menguat karena komentar bahwa Fed masih akan terus menaikkan suku bunga... emas menanggung beban suku bunga yang lebih tinggi."

Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan kebijakan moneter membuat seharusnya suku bunga naik setidaknya sekitar 5%, sementara dengan asumsi kebijakan yang lebih ketat suku bunga akan naik di atas 7%.

Sementara itu residen Fed St. Louis James Bullard menyatakan bank sentral perlu terus menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga cenderung menurunkan daya tarik emas dunia karena merupakan aset yang tidak membayar bunga atau imbal hasil.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Hari ini: Turun Rp 4.000 & Masih Bisa Turun


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading