Emas Dunia Naik Tajam, Kok Emas Antam Turun?

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
14 November 2022 13:31
Emas Antam Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Senin (14/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung turun Rp2.000 menjadi Rp970.000 per gram. Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga turun Rp2.000 menjadi Rp872.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam melemah meskipun emas dunia mulai bangkit. Emas dunia yang menguat 5,4% pada sepekan lalu. Penguatan harga emas dunia pekan ini terjadi di tengah ekspektasi bahwa The Fed akan mengendurkan suku bunga.

Inflasi AS yang menyentuh 7,7% (yoy) adalah yang terendah sejak Januari 2022. Melandainya inflasi AS semakin menguatkan harapan jika bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) akan melonggarkan kebijakan. Terlebih, tingkat pengangguran AS juga naik ke 3,7% pada Oktober.

"Saat inflasi melandai tentu saja ada harapan The Fed akan melonggarkan kebijakan. Tekanan terhadap emas yang sangat berat dalam beberapa bulan terakhir pun mengendur. Emas kini siap merangkak naik," tutur David Meger, analis High Ridge Futures, dikutip dariReuters.

Di sisi lain,analis OANDA, Edward Moya, juga memperkirakan "masa gelap" emas mungkin berakhir dengan melandainya inflasi AS. Harga emas diperkirakan akan terus naik hingga menembus level psikologi US$ 1.800 per troy ons.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Hari Ini: Masih di Bawah Sejuta


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading