Analis Sebut Emiten Dengan Kriteria Ini Bisa Kasih Cuan Tebal

Investment - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
10 November 2022 17:00
Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- Kegiatan berinvestasi bertujuan untuk melipat gandakan keuntungan sebanyak mungkin. Namun, dengan keuntungan tersebut, investor tentunya juga dihadapkan pada berbagai risiko seperti kerugian.

Indonesia Value Investor Rivan Kurniawan menjelaskan bahwa untuk menemukan emiten yang menerapkan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) bisa menjadi salah satu yang membawa keuntungan bagi investor. Di mana rata-rata perusahaan yang menerapkan prinsip ESG mencatat out of perform yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Mengejutkannya performa daripada perusahaan yang menerapkan ESG dengan baik itu malah bisa out perform IHSG. Misalkan kalau kita bicara ESG di sektor leader, tumbuh 13-14%, sudah dua kali lipat dari IHSG," jelas dia dalam Kelas Cuan X Chandra Asri, Kamis (10/11/2022).

Adapun dalam memilih saham, investor dinilainya perlu memperhatikan keseimbangan antara fundamental perusahaan, valuasi, dan penerapan ESG. Artinya, investor tidak hanya memperhatikan dari satu sisi saja, misalnya hanya dari penerapan ESG.

"Jadi, harus diseimbangkan antara keberlangsungan ESG dan fundamental. Kalau ESG bagus, fundamental bertumbu, kemungkinan out perform IHSG lebih tinggi. Jadi memang lebih cuan," kata Rivan.

Menurut dia, perusahaan yang menerapkan ESG akan memberikan keuntungan material dan imaterial.

"Kalau kita bicara secara material, perusahaan yang menerapkan prinsip ESG dengan baik, didukung kinerja perusahaan yang bertumbuh, dan valuasi tinggi, tentu akan memberikan keuntungan dari sisi material yang out of perform dari IHSG," lanjut dia.

Sementara keuntungan secara imaterial yakni dapat mendukung keberlangsungan lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Buruan Jadi Investor, Ini Daftar Saham yang Perlu Dicermati


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading