Pesta Cuan! Harga Emas Antam Naik Ceban

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
02 November 2022 10:15
Petugas menunjukkan emas batangan di sebuah gerai emas di Pegadaian, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Petugas menunjukkan emas batangan di sebuah gerai emas di Pegadaian, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Selasa (2/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung naik Rp8.000 per gram menjadi Rp944.000 per gram. Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga naik Rp10.000 per gram menjadi Rp830.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam dipengaruhi oleh gerak emas dunia. Pada sesi perdagangan akhir pekan lalu, Senin (1/11/2022) harga emas dunia melonjak 1% ke US$1.647 per troy ons.

Pelaku pasar masih terus mencermati arah kebijakan moneter bank sentral AS (Fed). Bank sentral paling kuat di dunia tersebut akan menggelar rapat minggu depan untuk menentukan kebijakan suku bunga.

"Emas berada dalam posisi di sini di mana ia mempertahankan sebagian besar kenaikan hari ini menuju FOMC (pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal)," kata Edward Moya, analis senior OANDA.

"Pasar tenaga kerja akan mendingin, itu tidak terjadi secepat yang dipikirkan orang dan itu akan menjaga jalur The Fed untuk memperlambat kenaikan suku bunga - mungkin tidak pada bulan Desember, tetapi mungkin akan terjadi pada pertemuan Februari itu."

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga karena meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Konsensus pasar masih memperkirakan bahwa Fed akan kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) menjadi 3,75%-4% dengan probabilitas 84,1% jika mengacu pada piranti FedWatch CME.

"Kami terus percaya bahwa emas pada akhirnya akan menembus di bawah $1.600 per ounce, tapi saya pikir untuk saat ini mungkin ada sedikit resistensi di sekitar $1.675-$1.680," kata Bart Melek, kepala strategi pasar komoditas di TD Securities.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Hari Ini: Masih di Bawah Sejuta


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading