Harga Emas Antam Gak Kemana-mana, Tetap Murah!

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
15 September 2022 09:17
emas Foto: Ilustrasi Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Kamis (15/9/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung tetap Rp942.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) sama di Rp814.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.


Harga emas dunia sebagai acuan emas Antam melemah 0,34% pada perdagangan kemarin menjadi US$1.695 per troy ons.

Emas masih kesulitan menguat akibat ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed menguat saat pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC). The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga 75 basis poin, bahkan tidak menutup kemungkinan 100 basis poin, yang menjadi beban berat bagi emas.

Analis pasar Reuters Wang Tao mengatakan emas mungkin akan naik secara moderat ke kisaran US$ 1.710-1714 per troy ons sebelum turun kembali dan bergerak di kisaran US$ 1.685 per troy ons.

Pelemahan emas ke depan sulit dihindari karena The Fed kemungkinan besar akan menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan pekan depan. Terlebih, inflasi AS berada di atas ekspektasi pasar.

Dengan inflasi yang masih tinggi, bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan memberlakukan kebijakan agresif The Fed sendiri akan menentukan kebijakan moneternya pada pekan depan.

"Inflasi yang lebih tinggi dibandingkan ekspektasi membuat pasar meyakini jika The Fed akan menaikkan suku bunga acuan secara jumbo minggu depan. Ini memberatkan emas," tutur analis dari DailyFX Ilya Spivak, seperti dikutip Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Kamu Mau Jual Emas ke Antam? Harganya Turun Lho...


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading