Harga Emas Antam Sedang Murah, Saatnya Beli?

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
08 August 2022 09:08
Emas Antam Foto: Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk turun. Pada Kamis (8/8/2022), harga emas batangan Logam Mulia turun Rp 2.000 menjadi Rp 987.000/gram, menjauh dari sejuta.

Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) melemah Rp 2.000 menjadi Rp 850.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam melemah sejalan dengan emas dunia yang turun pada perdagangan akhir pekan kemarin. Pada perdagangan Jumat (5/8/2022), harga emas acuan dunia kembali merosot nyaris 1%, atau tepatnya 0,95% ke US$ 1.774,15 per troy ons.

Koreksinya harga emas dunia terjadi karena data pekerjaan Amerika Serikat (AS) yang cenderung kuat. yang menghancurkan spekulasi bahwa bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan menjauh dari pengetatan kebijakan moneter yang agresif.

"Emas baru-baru ini mencetak reli di tengah pemikiran bahwa The Fed akan beralih darihawkishkedovish. Tetapi data pekerjaan menunjukkan ekonomi AS masih kuat, dan ini dapat mendorong The Fed untuk lebih agresif, yang bukan merupakan kabar baik untuk emas," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, dikutip dari Reuters.

Negeri Paman Sam pada Juli telah menciptakan 528.000 lapangan kerja non-pertanian (non-farm payroll/NFP). Angka ini lebih tinggi dari periode sebelumnya yakni Juni lalu yang sebesar 398.000. NFP bulan lalu juga jauh lebih tinggi dari perkirakan pelaku pasar dalam survei Reuters yang memperkirakan NFP berada di angka 250.000.

Pengusaha juga terus menaikkan upah dengan kecepatan stabil pada bulan lalu. Penghasilan per jam rata-rata meningkat 0,5% pada Juli lalu, setelah naik 0,4% pada Juni lalu. Itu menunjukkan peningkatan secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 5,2%, dari sebelumnya sebesar 5,1% pada Juni 2022.

Di sisi lain, memang ada sentimen dari ketegangan geopolitik China-AS. Emas sebagai lindung nilai saat terjadi ketegangan geopolitik. Namun kenaikan suku bunga akan membuat emas tidak berkilau.

Analis Pasar Reuters, Wang Tao memperkirakan harga emas dunia masih akan terkoreksi setelah tidak mampu melewati resisten di US$ 1.794 per troy ons.

"Support berada di US$ 1.784 per troy ons, penembusan di bawahnya dapat membuka jalan menuju zona US$ 1.767-1.773. Tren naik akan dianggap telah berbalik, begitu emas turun ke zona ini," kata Wang dalam risetnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kinclong! Sepanjang Pekan Ini Harga Emas Antam Melesat 1,7%


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading