Banyak Artis Tersangkut Binomo Cs, Begini Sikap SWI

Investment - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
19 April 2022 14:55
Ketua SWI Tongam L. Tobing

Jakarta, CNBC Indonesia - Satgas Waspada Investasi (SWI) akan semakin menggencarkan kegiatan edukasi kepada para artis atau influencer agar ke depan tidak banyak figur publik yang terjerat praktik investasi bodong atau ilegal.

Ketua SWI Tongam Lumban Tobing berkata, edukasi kepada artis menjadi salah satu bagian dari tugas pokok SWI. Secara umum, SWI mengembang dua tugas yakni mencegah dan menangani praktik investasi ilegal yang akan atau sudah terjadi.

"Satgas Waspada Investasi berencana untuk melakukan kegiatan edukasi dengan target para influencer/endorser untuk memberikan pemahaman dalam membedakan mana kegiatan yang legal dan ilegal secara bertahap," kata Tongam kepada CNBC Indonesia, Selasa (19/4/2022).


Pernyataan ini disampaikan Tongam menanggapi banyaknya publik figur yang terlibat kasus dugaan investasi ilegal. Terkini, beberapa nama artis disebut terlibat kasus investasi bodong menggunakanrobot trading DNA Pro.

Penyidik kepolisian berencana memeriksa penyanyi Marcello Tahitoe atau Ello dalam kasus tersebut pekan depan. Kemudian, Billy Syahputra dan pasangan Rizky Billar - Lesti Kejora juga akan diperiksa polisi pada kasus yang sama.

"Satgas Waspada Investasi meminta mereka untuk menghentikan segala bentuk promosi dan iklan serta tidak memfasiltasi penawaran investasi ilegal," tuturnya.

Pada kesempatan terpisah, Tongam sempat menyebut bahwa tidak semua influencer merupakan affiliatorinvestasi bodong. Ada beberapa di antaranya yang hanya menjadi endorser produk broker ilegal.

"Tidak seluruh influencer ini menjadi affiliator, ada yang hanya sebagai endorser yang memasarkan produk dari broker ilegal namun tidak melakukan perekrutan. Satgas Waspada Investasi akan melakukan pemanggilan terhadap affiliator/influencer/endorser yang telah mempromosikan binary option dan broker ilegal secara bertahap," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

SWI: Tidak Semua Influencer Jadi Affiliator


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading