Beli Saham 2 Kali Lipat Pakai Margin Trading, Gimana Caranya?

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
16 March 2022 09:00
Ajaib, platform investasi yang baru-baru ini menyandang status  unicorn,

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi di pasar saham menjadi salah satu kendaraan untuk mencapai tujuan finansial dalam jangka panjang. Investor disarankan menyediakan alokasi khusus atau uang dingin untuk keperluan investasi demi mencapai tujuan finansial tersebut. 

Sayangnya, keterbatasan dana menjadi salah satu faktor yang dapat menghalangi investor untuk meraih keuntungan maksimal di pasar modal. Untuk itu margin trading menjadi salah satu solusi bagi investor untuk memaksimalkan keuntungannya. 

Apa Itu Margin Trading? 


Margin Trading menjadi salah satu istilah yang banyak terdengar di pasar modal, terutama instrumen saham. Namun bagi para calon investor atau investor baru, istilah ini mungkin masih sedikit asing.

Margin trading dapat diartikan sebagai suatu fasilitas pinjaman yang diberikan oleh sebuah perusahaan sekuritas kepada nasabah. Dengan margin trading, nasabah dapat membeli saham melebihi dari modal yang nasabah miliki di rekening efek.

Yang perlu diperhatikan, tidak semua saham bisa ditransaksikan secara margin. Hanya saham pilihan saja yang memenuhi syarat dan memiliki fundamental baik yang bisa dilakukan margin trading. Bursa Efek Indonesia (BEI) pun selalu memperbarui daftar saham margin, di awal bulan perdagangan.

Meski bisa memaksimalkan keuntungan, margin trading merupakan 'uang pinjaman' sehingga investor tetap harus melakukan pengembalian. Kewajiban pengembalian harus dilakukan beserta bunga yang telah ditentukan oleh pihak sekuritas.

Jika terjadi wanprestasi atau nasabah gagal membayar dana pinjaman, maka kepemilikan saham secara otomatis dilikuidasi untuk menutup kerugian, karena dalam pinjaman margin, saham yang dibeli dijadikan sebagai jaminan. 

Apalagi saat ini semakin banyak platform investasi bodong dengan menipu investor, dengan iming-iming keuntungan tinggi. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu apakah platform investasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Margin trading hadir untuk membantu investor, terutama yang memiliki keterbatasan dana sehingga tidak bisa mendapatkan keuntungan maksimal ketika pasar sedang bullish. Namun, investor harus berhati-hati menggunakan fitur ini, karena ada pula kasus margin trading yang akhirnya merugikan.

Ajaib Luncurkan Fitur Margin Trading 

Hadir di Indonesia pada tahun 2019, Ajaib Sekuritas terus menghadirkan inovasi untuk kemudahan investasi dan memperluas basis investor ritel tanah air secara luas. Hal ini terbukti dari 90% pengguna Ajaib Sekuritas adalah kaum muda yang kini menjadi backbone perekonomian nasional.

Dengan berbagai terobosan dan inovasi, Ajaib meluncurkan fitur transaksi margin dengan bunga rendah yaitu 14% per tahun, dengan prosesnya yang sepenuhnya online.

Mulai 2 Juni 2022, bunga dari margin trading yang ditetapkan 0.039% per hari atau 14% per tahun. Biaya ini akan mulai dibebankan T+2 setelah investor melakukan pembelian saham dengan fasilitas pembiayaan margin trading. Bunga pun dihitung sesuai dengan nilai pinjaman investor.

Bunga yang ditawarkan tersebut tergolong lebih rendah dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan sejenis lainnya yang rata-rata mematok bunga mulai dari 18%.

Fitur margin trading dari Ajaib ini telah tersedia di Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W dan akan segera hadir di iOS & Web. Adapun proses pembukaan akun Margin Trading Ajaib memakan waktu 1-3 hari kerja bursa. 

Untuk bisa daftar margin trading Ajaib, investor harus memiliki jaminan yang bernilai setidaknya Rp200 juta, yang terdiri dari kepemilikan saldo RDN, saham marjin, atau kombinasi keduanya. 

Selain itu, di Ajaib, Buying Power Margin hingga 2x dari jaminan dapat diajukan 1 bulan setelah investor berhasil membuka akun Margin Trading. Pengajuan ini dapat dilakukan ke Relationship Manager Investor masing-masing. 

Bagi anda para pemburu promo, jangan risau karena Ajaib akan menyediakan promo 0% biaya broker dan bunga yang berlaku sampai dengan 1 Juni 2022. Perlu diingat, promo hanya berlaku untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun Margin Trading Ajaib. Selama promo, Investor juga akan tetap dikenakan biaya transaksi dari pihak bursa (levy) dan pajak (PPN/PPh). 

Transaksi saham akun margin trading Ajaib juga akan dikenakan biaya normal dengan mulai 2 Juni 2022. Inovasi fitur margin trading ini menjadi salah satu bentuk komitmen Ajaib untuk memajukan pasar modal Indonesia dengan semakin memberikan kemudahan untuk para investor ritel Indonesia dalam bertransaksi. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pevita & Iqbaal Ungkap Pentingnya Investasi Bagi Milenial


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading