Mau Wujudkan Mimpi? Yuk Lebih Cerdas Atur Keuangan

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
29 October 2021 10:51
Pay for goods by credit card through a smartphone in a coffee shop.

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisa mengatur keuangan dengan baik demi mewujudkan mimpi adalah harapan banyak orang. Namun ternyata mengatur keuangan tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena ada berbagai tantangan yang dihadapi.

Kita sering menjumpai ada banyak orang yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Tetapi saat ditanya ke mana uang mereka pergi atau apa penyebab utama habisnya uang mereka, apakah mereka bisa menjawab dengan pasti?

Untuk dapat mewujudkan mimpi keuangan, Anda bisa memulainya dari mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Apakah benar mencatat keuangan sepenting itu? Yuk, cari tahu.


1. Dengan mencatat keuangan, Anda bisa mengenali masalah pengeluaran

Pelaku industri keuangan milenial Ferdie Darmawan, yang juga merupakan tim Jago MultiFintamin menekankan pentingnya mencatat pengeluaran dan pemasukan, agar Anda bisa menemukan pola pengaturan keuangan Anda.

"Kita refer saja ke angka 3 bulan misalnya, dengan catatan pola hidup kita tidak berubah. Kalau suatu hari pola hidup kita berubah (misal punya anak atau pindah kota) kita harus lakukan lagi pencatatan 3 bulan tersebut agar dapat pola baru lagi," jelas Ferdie.

Dengan melakukan pencatatan, Anda dapat mengetahui apa saja pengeluaran yang Anda lakukan. Lalu, apakah Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk kebutuhan yang bukan prioritas, misalnya. Semua analisis ini dapat dilakukan hanya setelah Anda mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan.

2. Dengan mencatat keuangan, Anda bisa mengurangi stres karena menebak-nebak dan bisa memegang kendali keuangan

Ketidaktahuan tentang status keuangan pribadi (ke mana uang pergi atau habis dipakai buat apa saja) dapat menimbulkan stres. Membuat anggaran dan mencatat pengeluaran setiap hari menjadi hal penting, karena Anda akan semakin menggunakan uang secara optimal, sehingga tak perlu khawatir apakah ada uang tersisa di tabungan.

Dengan mengenali pola pengeluaran dari catatan keuangan, Anda akan dapat memegang kendali atas kondisi keuangan dan menjaga supaya pengeluaran tetap sesuai budget yang ditentukan. Setelah mengenali masalah dalam pengeluaran, Anda akan dapat menjadi lebih waspada dan mengendalikan diri saat menggunakan uang.

3. Dengan mencatat keuangan, Anda dapat mencapai tujuan finansial lebih cepat

Jika sudah disiplin melakukan pencatatan keuangan, maka tujuan finansial akan lebih cepat dan mudah tercapai. Misalnya, dalam lima tahun ke depan, Anda berencana ingin membeli apartemen. Maka, Anda bisa lakukan simulasi pembayaran untuk melihat berapa banyak uang yang harus disimpan setiap bulan untuk membayar unit apartemen dalam lima tahun dari sekarang. Karena sudah rajin mencatat pengeluaran, akan lebih mudah bagi Anda menentukan pengeluaran apa yang dapat dikurangi atau dihentikan dulu, sehingga uangnya bisa digunakan untuk membeli apartemen.

4. Dengan mencatat keuangan, Anda dapat terhindar dari utang konsumtif

Jika tidak menyadari kondisi keuangan melalui pencatatan keuangan, kemungkinan terjebak dalam lingkaran utang akan lebih besar karena adanya kecenderungan untuk berbelanja tanpa memprioritaskan kebutuhan. Melalui pencatatan dan analisis pengeluaran, Anda bisa mengetahui posisi keuangan saat ini untuk melakukan pengeluaran secara lebih bijaksana.

5. Dengan mencatat keuangan, Anda dapat menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung

Salah satu bagian terbaik tentang mencatat keuangan adalah menemukan pengeluaran yang selama ini sia-sia. Misalnya saja, Anda masih berlangganan keanggotaan gym padahal sudah lama tidak pernah ke gym. Saat Anda tak lagi membayar keanggotaan gym, maka ada sisa uang lebih untuk ditabung. Semua ini bisa dilakukan jika Anda tahu persis kondisi keuangan.

Untungnya, pada zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, Anda tak lagi perlu melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara manual. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mencatat keuangan, misalnya aplikasi Jago.

Aplikasi Jago yang dimiliki oleh Bank Jago ini dapat mencatat setiap uang yang keluar maupun masuk, tanpa ada yang terlewat satupun. Anda dapat memantau riwayat transaksi secara rutin. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Analisis Pengeluaran (Spend Analysis) yang ada di aplikasi Jago.

Mengandalkan kemampuan machine learning yang terus dikembangkan oleh Jago, Spend Analysis dapat mengelompokkan setiap pengeluaran berdasarkan kategorinya, seperti kategori top up, pembayaran tagihan, hiburan, makan di restoran dan donasi.Dengan demikian, akan lebih mudah saat Anda ingin menganalisis pengeluaran. Anda dapat membandingkan persentase pengeluaran antara bulan berjalan dan bulan sebelumnya. Anda juga dapat mengetahui kategori pengeluaran apa yang menduduki peringkat teratas serta apakah pengeluaran di suatu kategori meningkat atau menurun.

Spend Analysis juga memudahkan Anda mengatasi masalah keuangan saat ada satu pengeluaran yang persentasenya lebih besar dari dugaan. Begitu pula saat dalam satu atau dua bulan berturut-turut pengeluaran Anda jumlahnya tidak biasa.

Soal bertransaksi di Jago, Anda tidak perlu khawatir. Jago dijamin aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jago sendiri juga menerapkan berbagai fitur keamanan dan kontrol, seperti autentikasi biometrik, autentikasi 2 faktor dan pengaturan notifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera wujudkan langkah awal mencapai mimpi keuangan dengan bijak mengatur keuangan. Download aplikasi Jago untuk membantu Anda mengatur setiap pengeluaran dan pemasukan secara mudah dan praktis!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Saham Bank Mini Mahal, Masih ada nggak yang Undervalue?


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading