InvesTime

Back to Normal, Saham-saham Blue Chip Ini Bisa Diburu!

Investment - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
13 October 2021 09:20
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kegiatan perekonomian sudah berangsur pulih seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan penanganan pandemi yang cukup ketat oleh pemerintah Indonesia.

Di situasi pemulihan ekonomi saat ini, yang jadi pertanyaan di benak investor yakni kira-kira saham sektor apa saja yang menarik dikoleksi?

Apalagi saat ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lagi kencang-kencangnya dan menuju 6.500.


Andrey Wijaya, Head of Research PT RHB Sekuritas Indonesia Indonesia memberikan beberapa rekomendasi saham-saham yang bisa diburu untuk saat ini.

Menurutnya saham yang bisa dikoleksi di antaranya dari sektor perbankan, properti, ritel, dan saham emiten sektor otomotif dan pendukungnya.

"Karena temanya sekarang adalah pemulihan ekonomi, setelah pembukaan kembali aktivitas ekonomi di Indonesia," ungkapnya di dalam Investime CNBC Indonesia, Kamis malam, (7/10/2021).

Dia mencontohkan beberapa saham di perbankan yang bisa dikoleksi yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Menurutnya pergerakan saham dua bank ini sudah mulai bagus, apalagi BRI baru saja selesai melakukan rights issue atau penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dengan nilai jumbo, terbesar di Asia Tenggara Rp 96 triliun.

Kemudian untuk small cap bank dia menyarankan PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA).

"Kemudian sektor automotif yang akan diuntungkan pemulihan ekonomi adalah Astra International [ASII], ritel terbesar dia akan diuntungkan pemulihan ekonomi," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan saham ritel sebetulnya menjadi sektor paling terpukul selama adanya pandemi karena tempat perbelanjaan mal tutup, dan masyarakat beralih ke belanja online. Begitu mal kembali dibuka akan berdampak bagus pada saham retailer.

"Akan ada pemulihan di ritel seperti Mitra Adiperkasa [MAPI], menarik karena Mitra yang paling banyak di mal ini paling terpukul masa pandemi," paparnya.

Selanjutnya sektor lain yang menarik menurutnya adalah properti. Sektor ini dia sebut cukup unik selama pandemi, karena banyak yang memperkirakan penjualan properti akan melemah selama pandemi.

Namun berdasarkan laporan semester I dan laporan Juli - Agustus, imbuhnya, di sisi penjualan menunjukkan tren yang bagus. Dia menyebut hal ini kemungkinan juga disebabkan adanya insentif pajak PPN di properti.

"Begitu pandemi rampung akan lebih banyak lagi beli dan dengan performa bagus saham properti gak naik cukup banyak. Masih tertinggal dari saham-saham lainnya," jelasnya.

Andrey merekomendasikan saham properti yang menarik dikoleksi yakni PT Ciputra Development Tbk (CTRA) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).

 


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading