Wahai Anak Muda, Begini Lho Gaya Hidup Orang Kaya Beneran!

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 September 2021 07:00
Infografis: 10 Negara dengan Populasi Orang Kaya Terbanyak di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Warren Buffett terdaftar sebagai orang terkaya. Meski begitu, investor kawakan ini mengaku lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Pria kelahiran 1930 itu dikenal dengan gaya hidup yang cukup hemat. Baginya, yang paling penting adalah kebutuhannya terpenuhi, bukan keinginannya.


Buffet juga lebih memilih membeli saham berkualitas ketika harganya sedang murah. Bapak investor ini Ikon investasi itu mempraktikkan apa yang dia sebut tentang disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

Berikut adalah sejumlah gaya hidup hemat Warren Buffet yang inspiratif melansir Money Wise.

1. Rumah yang Sama Sejak 1958

Sementara sebagian besar miliarder membeli real estat mahal, Buffet memilih tinggal di rumah lama. Buffett awalnya membayar US$ 31.500 untuk rumahnya di Omaha, Nebraska. Dia sudah tinggal di sana selama lebih dari 60 tahun.

Namun, rumahnya tidak kecil. Rumah lima kamar tidur seluas 6.570 kaki persegi ini telah mengalami banyak renovasi dan penambahan selama beberapa dekade dan bernilai sekitar US$ 1 juta hari ini.

Hingga saat ini, Warren Buffett tidak memiliki rencana untuk pindah. Dia bahkan menyebutnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dia lakukan, dalam sebuah surat tahun 2010 kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway

2. Jarang Ajukan Pinjaman

Hipotek satu-satunya Buffett adalah saat membeli sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971, meskipun dia memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang terdaftar seharga US$ 150.000.

Kepada CNBC, ia mengatakan bahwa dia mengambil pinjaman hipotek 30 tahun.

"Saya pikir saya mungkin bisa berbuat lebih baik dengan uang itu daripada membeli semua ekuitas rumah," katanya.

Dia memutuskan untuk menggunakan uang ekstra di tangan untuk saham di Berkshire Hathaway - perusahaan yang memberinya miliaran - sebagai gantinya.

3. Sarapan Sederhana

Sementara Buffett dapat dengan mudah menyewa koki pribadi untuk memasakkannya makanan lezat, tapi itu tidak ia lakukan dan hanya sering membeli sarapan di Mc D dalam perjalanannya ke tempat kerja. Dia tidak menghabiskan lebih dari US$ 3,17 untuk makan paginya.

"Ketika saya tidak merasa begitu makmur, saya mungkin pergi dengan US$ 2,61, yang merupakan dua roti sosis, dan kemudian saya menggabungkannya dan menuangkan Coke untuk diri saya sendiri," katanya.

4. Mobil Murah Meriah

Banyak miliuner menyimpan koleksi mobil sport dan model vintage yang mencolok di garasi mereka, tetapi Buffett lebih memilih mobil yang dapat diperolehnya dengan harga lebih murah.

Dia meningkatkan mobilnya dari Cadillac DTS 2006 ke Cadillac XTS hanya dengan US$ 45.000 pada tahun 2014.

"Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," akunya kepada Forbes.

Baik Anda memilih mobil baru atau model bekas, Anda tidak boleh mengeluarkan uang terlalu banyak untuk kendaraan, jadi jangan mencari pinjaman pertama yang Anda temukan dan mencari-cari penawaran yang lebih baik.

5. Sering Gunakan Kupon Belanja

Buffett suka sekali bahkan pernah mentraktir teman dan sesama miliarder Bill Gates untuk makan di restoran cepat saji favoritnya dengan kupon.

"Ingat tawa yang kami miliki ketika kami bepergian bersama ke Hong Kong dan memutuskan untuk makan siang di McDonald's? Anda menawarkan untuk membayar, merogoh saku Anda, dan mengeluarkan kupon!," kata Gates dalam surat tahunan 2017.

Hemat Cara Warren Buffett
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading