Harga Emas Antam Hari Ini Naik, Semoga Bisa Sejuta Lagi

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 August 2021 10:00
emas

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski harga emas dunia tertekan, tidak demikian dengan harga Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Harga Logam Mulia Anta justru dalam tren naik.

Pada Sabtu (21/8/2021), harga Logam Mulia Antam berada di Rp 948.000/gram. Naik Rp 2.000 (0,21%) dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, harga Logam Mulia Antam naik Rp 6.000 (0,64%). Dalam periode yang sama, harga emas dunia di pasar spot cuma naik tipis hampir flat di 0,09%.


emas

Pergerakan harga emas pekan ini ditentukan oleh rilis notula rapat (minutes of meeting) bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve/The Fed. Dalam notula tersebut, para anggota Komite Pengambil Keputusan (Federal Open Market Committee/FOMC) menilai pengurangan pembelian surat berharga (quantitative easing) bisa saja dilakukan tahun ini.

"Ke depan, sebagian besar peserta rapat mencatat bahwa selama pemulihan ekonomi secara luas sesuai dengan ekspektasi mereka. Maka akan tepat untuk melakukan pengurangan nilai pembelian aset di tahun ini," tulis risalah tersebut.

Meski demikian, risalah itu juga menunjukkan 'beberapa' anggota FOMC memilih untuk melakukan tapering di awal tahun depan. Sebab, The Fed juga menyebut ketidakpastian cukup tinggi akibat lonjakan kasus positif virus corona, terutama dengan penyebaran varian delta.

Jika kasus kasus positif corona terus melonjak di Negeri Paman Sam, maka The Fed kemungkinan belum akan melakukan pengurangan quantitative easing. Alhasil emas dunia masih santai merespon rilis risalah The Fed. Emas Logam Mulia Antam pun mampu mencatat kenaikan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading