Kemarin Menguat, Emas Pegadaian Hari Ini Drop Rp 3.000

Investment - adf, CNBC Indonesia
01 August 2021 10:50
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas di PT Pegadaian (Persero) bergerak turun hari ini, setelah selama sepekan lalu cenderung menguat di tengah tren kenaikan harga emas dunia ikut mendongkrak harga emas di rumah gadai.

Pada Minggu (1/8/2021), harga jual emas di Pegadaian ada di Rp 886.000/gram, turun Rp 3.000 dibandingkan hari sebelumnya. Dalam seminggu, harga jual naik 0,57%

Sementara harga beli ada di Rp 859.000/gram, melorot Rp 3.000 dari Sabtu (31/7) kemarin. Adapun dalam sepekan harga beli terapresiasi 0,58%.


Berikut harga emas di Pegadaian hari ini selengkapnya:

Harga emas di Pegadaian, seperti halnya Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), mengikuti pergerakan harga emas dunia. Saat ini harga emas dunia sedang dalam tren bullish (menguat).

Pekan ini, harga emas dunia di pasar spot naik 0,68% secara point-to-point. Dalam sebulan terakhir, harga komoditas ini naik lebih dari 2%.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Reuters terhadap 38 analis dan trader, harga emas akan bergerak di kisaran US$ 1.830/troy ons hingga akhir tahun ini. Namun tahun depan, sepertinya harga emas bakal turun karena bank sentral di berbagai negara mulai melakukan pengetatan kebijakan (tapering off).

Sepanjang kuartal III-2021, pelaku pasar memperkirakan rata-rata harga emas berada di US$ 1.835/troy ons dan naik menjadi US$ 1.841/troy ons pada kuartal IV-2021. Sementara untuk keseluruhan 2021, rata-rata harga emas diperkirakan US$ 1.812/troy ons dan kemudian turun menjadi US$ 1.785/troy ons pada 2022.

Dalam jangka pendek, kenaikan harga emas akan didorong oleh peningkatan permintaan seperti untuk kebutuhan perhiasan maupun investasi pengganti dolar AS yang cenderung melemah akhir-akhir ini. Tren peningkatan inflasi global juga membuat emas menjadi lebih menarik, karena emas dipandang sebagai aset 'anti-inflasi'.

Asal tahu saja, Pegadaian menjual emas Antam jenis standar yang paling lengkap di antara lainnya. Kemudian, ada emas retro, yang merupakan emas kemasan lama, dimana keping emas dan sertifikatnya terpisah. Emas retro ini terakhir kali diproduksi pada tahun 2018.

Tidak hanya itu, bersama emas Antam, Pegadaian juga menjual emas UBS yang juga paling lengkap. Emas UBS adalah emas yang diproduksi oleh perusahaan swasta yang berdiri sejak 1981 di Surabaya, PT Untung Bersama Sejahtera.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(adf/adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading