InvesTime

Kasus Covid-19 Rekor Terus, Saatnya Borong Emas!

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 June 2021 15:10
Emas (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produk emas termasuk logam mulia yang diproduksi Antam dan UBS dinilai bisa menjadi pilihan investasi di tengah kondisi ekonomi dalam negeri yang belum pasti akibat pandemi Covid-19 ini.

Head of IT Digital Banking Development Group PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Riko Wardhana mengatakan ada baiknya menambah porsi emas untuk diinvestasikan dalam kondisi penuh ketidakpastian di mana kasus Covid-19 RI terus menunjukkan peningkatan kasus yang signifikan.

"Tapi setidaknya porsi emas dalam komposisi basket kita ya ada baiknya kita tambah dengan kondisi seperti ini," kata Riko dalam program Investime, Rabu (23/6/2021).


Dia mengungkapkan, dengan kondisi saat ini idealnya porsi emas bisa lebih banyak ketimbang dengan instrumen investasi lainnya.

Bahkan dia tak segan-segan meningkatkan porsi investasi emas dari sebelumnya 30%-40% dari total investasi bisa menjadi 50%-60%.

"Karena kalau kita lihat ada kecenderungan penurunan harga emas, tapi tetap ada potensi naik, pasti ada rebound lagi karena kembali lagi orang dalma kondisi lepas banyak, ada kondisi jenuh mereka akan kembali lagi membeli dan membawa harga emas meningkat ke depan. Jadi komposisinya ditambahin deh," jelas dia.

Beberapa sentimen yang akan membawa kenaikan harga emas ini seperti ketidakpastian yang ditimbulkan karena mulai kembali diterapkannya berbagai pembatasan akibat kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia dan akan berdampak pada tingkat konsumsi masyarakat.

Dia menilai, kondisi yang tidak pasti biasanya akan cenderung membawa masyarakat untuk memilih aset-aset yang dinilai aman alias safe haven, dan emas adalah salah satu dari instrumen yang aman tersebut.

"Kalau kita lihat situasinya sangat menarik kita menambah porsi emas sih, kalau saya pikir. Jadi tidak dilepas semuanya di portofolio yang lain, tentu di portofolio menjanjikan. Tapi dalam situasi saat ini ya boleh dibilang emas layaklah untuk kita tambah komposisinya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading