Alhamdulillah Dapat Rejeki, Harga Emas Antam Naik 1% Ibu-ibu!

Investment - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
10 April 2021 11:05
Ilustrasi Emas Antam. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kenaikan harga emas dunia di pasar spot sepekan terakhir juga menjadi katalis positif bagi harga logam mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau yang lebih dikenal dengan emas Antam. 

Jika dibandingkan dengan harga penutupan pekan lalu, harga emas dunia naik 0,82%. Di waktu yang sama harga emas Antam menguat hampir 1% atau tepatnya 0,98%. Harga emas batangan Antam kemarin ditutup di Rp 931.000/gram. 


Momentum penguatan harga emas dunia didukung oleh melemahnya yield obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun dan penurunan indeks dolar yang mencerminkan posisi dolar terhadap keranjang mata uang lain. 

Pergerakan harga emas antam akan senantiasa mengekor gerak dan fluktuasi harga emas dunia. Emas antam sendiri merupakan salah satu produk keuangan yang cukup populer di Tanah Air. 

Masyarakat Indonesia yang membeli emas batangan cenderung memiliki motif yang beragam. Ada yang digunakan untuk investasi meski emas tak memberikan imbal hasil apapun kecuali capital gain. Ada yang untuk diversifikasi aset hingga lindung nilai dari inflasi.

Namun tak menutup kemungkinan ada juga yang ikut-ikutan karena harga sebelumnya sempat tembus Rp 1 juta/gram dan sekarang lagi turun sehingga dimanfaatkan untuk membeli dan berharap harga bisa kembali ke rekor tertingginya. 

Hanya saja kinerja emas sepanjang tahun 2021 tak semoncer tahun lalu. Prospek pemulihan ekonomi yang lebih cerah sebenarnya membuat banyak pihak mulai melepas kepemilikan emasnya dan memburu aset lain yang memberikan cuan tebal meski lebih berisiko. 

Hari ini harga emas batangan antam kembali turun. Per 08.51 WIB, 1 gram emas batangan antam dibanderol di Rp 927.000. Artinya ada penurunan harga sebesar goceng alias Rp 5.000/gram. 

Berikut ini adalah update harga emas batangan antam untuk Sabtu (10/4/2021) yang dilansir dari situs logammulia.com :

Emas AntamSumber : Logammuia.com

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading