BNI Investime Week

Terungkap! Pandemi Mengubah Pola Belanja via Kartu Kredit

Investment - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 April 2021 12:45
Intip Ragam Fitur & Kemudahan Dari Kartu  BNI Credit Card  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sempat mencatat ada penurunan pengguna kartu kredit dampak pandemi yang mengharuskan masyarakat tetap di rumah saja.

"Di industri sekitar 30% penurunannya, tapi di BNI penurunan lebih kecil lebih dari 10% tapi tak sampai 20%," kata General Manager Divisi Bisnis Kartu BNI, Grace Situmeang dalam program Profit "Digital Solution with BNI Credit Card" Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, penurunan tersebut akibat dari kebiasaan dari pemegang kartu yang berubah. Mereka biasanya travelling, menginap di hotel hingga dine in di restoran terpaksa harus tetap di rumah saja.


"Sejak pandemi behaviour berubah. Pemegang kartu fokus kepada transaksi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pokok dan fokus kepada kesehatan. Pemegang kartu shifting memenuhi kebutuhan ke vitamin, masker dan lainnya," katanya lagi.

Ada juga tren lain yang berubah. Hal ini terlihat daru naiknya transaksi pada e-commerce alias belanja online. Imbas dari ditutupnya mall, pemegang kartu memanfaatkannya dengan cara belanja online.

"Ini menyebabkan transaksi e-commerce meningkat," ujarnya singkat.

Kabar baiknya, meski transaksi kartu kredit sempat turun, BNI sudah mencatat kenaikan transaksi. Hingga kuartal pertama 2021, transaksi kartu kredit sudah tumbuh 0,5% dibanding Desember 2020.

Menurutnya, pemegang kartu sudah mulai bertransaksi. Hal ini imbas dari pusat perbelanjaan yang sudah dibuka hingga mereka sudah transaksi makan di restoran. Meski begitu, dia menegaskan bahwa transaksi e-commerce tak menurun.

"Setelah masa pandemi, pertumbuhan itu sangat meningkat tajam. Kalau di industri tumbuh 39-43%. Kalau dilihat data all transaksi 2019-2020 tumbuh 6-7% segala pembayaran. Credit card tumbuh sampai 2,1%. Transaksi e-commerce masih jadi idola back bone kita setelah pandemi," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading