BNI Investime Week

BNI Beberkan 3 Strategi Perluas Bisnis Internasional

Investment - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
08 April 2021 19:54
3 Strategic Value BNI Dorong Transformasi Bisnis Internasional (CNBC Indonesia TV) Foto: 3 Strategic Value BNI Dorong Transformasi Bisnis Internasional (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Treasury & International PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Henry Panjaitan mengungkapkan strategi mendorong transformasi bisnis internasional menerapkan tiga strategi dengan memanfaatkan cabang luar negeri yang ada. Saat ini Bank BNI memiliki enam kantor cabang luar negeri dan satu sub cabang.

Pertama, BNI akan menggunakan cabang luar negeri untuk bersinergi dengan bank lokal. Dengan begitu sinergi ini bisa membangun atau membiayai proyek di Indonesia atau perusahaan Indonesia yang bersiap masuk ke pasar global.

"Jadi kami akan mendapatkan dana murah dari luar melalui cabang kami, dengan sinergi dengan bank lokal disana," kata Henry dalam BNI Investime Week, Kamis (08/04/2021).


Strategi kedua, masuk ke pasar global bersama Bank BNI. Henry mengungkapkan selama ini perusahaan yang mau masuk ke pasar global banyak yang kesulitan untuk memulai, terutama dari akses pasar.

"Jadi 6 cabang luar negeri kita akan dijadikan sebagai pintu masuk untuk memudahkan perusahan Indonesia yang sudah mature dan memiliki pengalaman ekspor," katanya.

Cabang luar negeri BNI pun bisa membantu membukakan akun dan membantu pembiayaan luar negeri sehingga bisa membantu perusahaan tersebut ke bank lokal disana. Ketiga, cabang luar negeri BNI pun akan membantu investor yang akan masuk ke indonesia. Henry mengatakan hal ini semakin nyata dengan adanya kerjasama dengan BKPM dan Kementerian Luar Negeri.

"Makanya kami ada ide untuk membentuk internasional desk. Jadi kami punya negara yang di setup di seperti di Jepang, Korea, dan China," ujar Henry.

[Gambas:Video CNBC]




(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading