Bank Syariah, Benar-benar Syar'i atau Hanya Label?

Investment - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 March 2021 14:55
AP Photo/Hasan Jamali

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham bank syariah kini banyak dilirik. Setidaknya ada empat emiten yang tercatat pasar saham Bursa Efek Indonesia (BEI).

Keempat bank syariah tersebut adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS), PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS), dan PT Bank Net Syariah Indonesia Tbk (BANK).

Namun masih banyak mempertanyakan apakah bank syariah ini benar-benar syarí atau hanya label yang bekerja layaknya bank konvensional biasa. Achmad Yaki Yamani, Analis PT BCA Sekuritas, membantah hal tersebut.


"Kalau masalah beneran syariah atau enggak, harusnya iya," kata Achmad dalam program Investime CNBC Indonesia, Jumat (5/3/2021) lalu.

"Pengelolaan dana di bank syariah itu berdasarkan aturan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), jadi memang berbeda dengan bank konvensional. Mulai dari akad kredit, pemberian bunga dan lainnya itu gak sembarangan."

Selain itu Achmad juga mengatakan saham perbankan syariah cukup menarik karena secara kinerja dan pertumbuhannya masih lebih bagus dibandingkan bank konvensional. "Jadi memang ini menarik buat kita masuk ke bank syariah," katanya.

Bank syariah sendiri merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah (UU No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah). Meski begitu, layanan dan produk bank syariah tetap sama seperti bank konvensional atau bank umum.

Perbedaannya hanya pada penerapan prinsip syariah, yakni sistem bagi hasil (profit-sharing contract), margin keuntungan dan fee. Berbeda dengan bank konvensional yang berdasarkan sistem bunga.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading