Harga Emas Antam Hari Ini Masih Rp 1 Juta, Beli atau Jual?

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
21 October 2020 10:20
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. (ANTM) akhirnya naik lagi setelah stagnan dalam 2 hari beruntun.

Kabar baik datang dari Amerika Serikat (AS), stimulus fiskal kemungkinan akan cair di pekan ini, yang membuat harga emas dunia naik 2 hari beruntun, pada akhirnya mengerek emas emas Antam.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, emas satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.012.000/batang, naik Rp 4.000 atau 0,4%. 


Sementara satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan hari ini dihargai Rp 95.012.000/batang atau Rp 950.120/gram, naik 0,42%.

Harga emas dunia kemarin menguat 0,11% ke US$ 1.906,38/troy ons, sementara di awal pekan naik 0,28% di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Pelaku pasar menanti kepastian stimulus fiskal di AS, yang tenggat waktu perundingan disebutkan pada Selasa waktu setempat. Hal tersebut diungkapkan oleh Nancy Pelosi, Ketua DPR (House of Representatif) pada Minggu lalu. Tetapi tenggat waktu tersebut dihilangkan, dan perundingan antara Pelosi dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin masih terus berlanjut.

Pelosi mengatakan setelah berbicara dengan Mnuchin dia berharap kesepakatan stimulus corona dapat dicapai pada akhir pekan ini.

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows, juga mengatakan Pelosi dan Mnuchin akan melanjutkan perundingan di hari Rabu, dan berharap melihat adanya beberapa kesepakatan sebelum akhir pekan.

Cairnya stimulus fiskal menjadi kabar bagus bagi emas, sebab merupakan "bensin" bagi emas untuk terus bergerak naik.

Meski demikian, masih belum diketahui berada nilai stimulus fiskal tersebut. Partai Demokrat yang menguasai DPR AS mengusulkan US$ 2,2 triliun, yang dianggap terlalu besar oleh Pemerintah AS yang mengusulkan US$ 1,8 triliun.

Semakin besar stimulus yang digelontorkan akan semakin bagus bagi emas dunia, dan emas Antam juga akan terkerek naik.

Gelontoran stimulus akan membuat perekonomian banjir likuiditas yang membuat dolar AS melemah, dan menguntungkan bagi emas.

Stimulus tersebut juga akan mendorong kenaikan inflasi, emas lagi-lagi diuntungkan karena merupakan aset lindung nilai terhadap inflasi.

Harapan akan cairnya stimulus tersebut membuat harga emas dunia pagi ini melesat 0,68% ke US$ 1.919,15/troy ons, jika berhasil dipertahankan hingga penutupan perdagangan nanti, harga emas Antam berpeluang naik lagi besok. 

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading