Lumayan! Emas Antam Naik Tipis Saat Emas Dunia Naik-Turun

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
05 October 2020 10:37
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam naik tipis pada perdagangan awal pekan, Senin (5/10/2020. Meski tipis, kenaikan emas Antam cukup bagus mengingat harga emas dunia sedang bergerak naik turun merespon isu kesehatan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Melansir data dari situs resmi Antam, logammulia.com, emas satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.015.000/batang, naik Rp 1.000 atau 0,1%. Sementara satuan 100 gram yang biasa jadi acuan dihargai Rp 95.712.000/batang atau Rp 957.120/gram naik 0,1%.


Harga emas dunia mencatat penguatan 2,08% pada pekan lalu ke US$ 1.898,7/troy ons.

Saat Trump mengumumkan dirinya dan Ibu Negara Melania Trump positif Covid-19, sentimen pelaku pasar langsung memburuk, aset-aset berisiko rontok, bursa saham AS berakhir melemah pada perdagangan Jumat. Dalam kondisi tersebut dan aset safe haven seperti emas menjadi alternatif investasi. Harganya langsung melesat ke US$ 1.916/troy ons, tetapi di akhir perdagangan justru kembali ke bawah US$ 1.900/troy ons.

 

Hingga saat ini harga emas dunia masih berfluktuasi, pelaku pasar masih memantau kondisi kesehatan Presiden Trump. 

Kondisi Presiden Trump yang dirawat di Rumah Sakit Walter Reed dikabarkan sudah mulai membaik, oleh dokter kepresidenan, dr. Sean Conley, Sabtu waktu setempat.

"Saat ini, sata dan tim sangat senang melihat perkembangan kesehatan presiden," kata Conley sebagaimana dilansir CNBC International.
"Pada hari Kamis ia menderita batuk ringan dan hidung mampet serta kelelahan. Sekarang semuanya sudah diatasi dan kondisinya membaik," tambahnya,
Tetapi pernyataan Conley berbeda dengan seorang sumber dari Gedung Putih.

"Kondisi vital presiden dalam 24 jam terakhir sangat mengkhawatirkan, dan 48 jam ke depan menjadi sangat penting dalam hal perawatannya," kata sumber tersebut kepada beberapa wartawan yang sering ikut berpergian dengan Presiden Trump.

"Kita belum berada pada posisi penyembuhan total," kata sumber tersebut sebagaimana dilansir CNBC International.

Harga emas masih akan berfluktuasi di pekan ini sampai ada kejelasan kesehatan Presiden Trump, emas Antam juga kemungkinan akan mengikuti.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading