Kacau Nih! Harga Emas Antam Hari Ini Drop Rp 15.000

Investment - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
22 September 2020 10:07
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga logam mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk atau yang lebih dikenal dengan emas Antam turun hari ini Selasa (22/9/2020). Penurunan harga emas Antam mengekor anjloknya harga emas dunia.

Untuk 1 gram emas Antam hari ini dibanderol di Rp 1.009.000. Harga emas turun Rp 15.000 per gram. Sementara untuk harga emas batangan 100 gram juga mengalami penurunan serupa menjadi Rp 951.120/gram.


Sentimen penggerak harga emas Antam adalah anjloknya harga emas global. Penguatan indeks dolar membuat harga emas dunia tertekan semalam. Harga logam kuning tersebut drop 1,9% hampir menyentuh level US$ 1.900/troy ons.

Indeks dolar yang mengukur posisi greenback terhadap enam mata uang negara lain naik 0,8%. Dolar yang kuat membuat harga emas menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lain. 

Tidak hanya emas saja yang ambrol. Pasar saham AS juga ikut terkoreksi. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) ambles 1,84%. Indeks S&P 500 dan Nasdaq Composite juga terpangkas dengan penurunan masing-masing 1,16% dan 0,13%.

"Emas seharusnya diperdagangkan lebih tinggi ketika ada permintaan safe-haven tetapi ini semacam mengulang kembali peristiwa seperti di musim semi ketika aksi jual pasar terjadi, pelaku pasar telah menjual aset secara keseluruhan," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures kepada Reuters.

Meski demikian, di pekan ini emas dunia diramal akan kembali menguat, sehingga ada peluang emas Antam juga naik. Kitco melakukan survei mingguan terhadap analis di Wall Street dan juga di pasar (Main Street).

Dari 14 analis Wall Street yang disurvei, 7 orang (50%) punya pandangan bullish terhadap emas. Sebanyak enam responden (43%) beranggapan harga emas bakal sideways dan hanya satu orang yang berpandangan bahwa harga emas akan turun (bearish).

Hasil survei terhadap analis Wall Street sedikit berbeda dengan jawaban responden Main Street. Dari 1.367 responden yang ikut voting secara daring (online) ada 60% responden yang menjawab harga emas naik pekan ini, 21% netral dan sisanya 18% bearish.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading